15 Anggota Panwascam Labusel Diumumkan

KOTA PINANG – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Labuhanbatu Selatan mengumumkan hasil akhir rekrutmen panitia pengawas kecamatan, Kamis (6/12).

Dari hasil seleksi akhir itu Panwaslu Labusel telah menjaring 15 anggota panwascam yang akan ditempatkan di Kecamatan Kota Pinang, Torgamba, Sei Kanan, Kampung Rakyat, dan Kecamatan Silang Kitang.

Ketua Panwaslu Labusel Muhammad Yunus Nasution SSos didampingi Mahrizal SAg dan Ahmad Hajiddin Harahap SH menjelaskan, setelah melakukan seleksi akhir berupa wawancara kepada calon anggota beberapa waktu lalu, terpilih sebanyak 15 orang yang memenuhi persyaratan untuk mengemban tugas pengawasan pemilu di kecamatan tempat mereka ditugaskan.

“Hasil seleksi akhir terdapat 15 nama-nama calon anggota terpilih, inilah yang memenuhi syarat dan pengumumanya dapat dilihat di surat kabar Metro Asahan/Rantau,” kata Yunus. Dijelaskan Yunus, penilaian penetapan calon terpilih itu menggunakan metode tes wawancara serta memperhatikan masukan-masukan dari masyarakat, baik langsung maupun melalui telepon terakait integritas para calon tersebut.

Yunus menambahkan, seleksi yang mereka gelar tersebut, berdasarkan petunjuk pelaksanaan sesuai peraturan Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia Nomor 10 tahun 2012 tentang pembentukan panwas kecamatan.

Saat tahapan seleksi berlangsung, banyak laporan dari masyarakat terkait calon anggota yang mengikuti seleksi, yang masuk melalui SMS Center, telepon, surat, bahkan ada yang datang langsung ke kantor sekretariat Panwaslu Labusel. Mayoritas laporan yang sampai kepada mereka terkait keterlibatan calon anggota dalam partai politik.

“Jadi saat kami klarifikasi laporan masyarakat kepada calon yang mengikuti seleksi , calon tersebut mengakuinya. Nah, itu menjadi salah satu penyebab gugurnya calon tersebut,” terang Yunus.

Lebih jauh Yunus menjelaskan, dalam proses seleksi akhir berupa test wawancara, menitikberatkan pertanyaan seputar integritas dan pengetahuan yang bersangkutan terhadap pelaksanaan pemilihan umum, terkhusus bidang pengawasan. Jawaban yang disampaikan oleh peserta seleksi menjadi tolak ukur Panwaslu dalam kelulusan calon.

“Diharapkan dengan diumumkannya hasil seleksi akhir itu, nantinya seluruh Panwas yang bertugas di masing-masing kecamatan ini dapat bekerja dengan baik setelah dilantik nantinya. (riz)

Komentar