200 PNS Ikut Latihan LPSE

[Foto Bernad L Gaol]
Peserta sosialisasi LPSE serius mengikuti acara.

TARUTUNG – Sebanyak 200 PNS dan penyedia barang (rekanan) di Tapanuli Utara mengikuti sosialisasi dan pelatihan sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) di Sopo Partungkoan Tarutung.

Acara ini berlangsung selama tiga hari sejak Senin (4/3) hingga Rabu (6/3). Para peserta dibagi menjadi dua gelombang. Masing-masing sebanyak 100 peserta PNS yang terdiri dari Panitia, PPK dan Tim LPSE serta 100 orang penyedia barang (rekanan). “Mereka berasal dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD),” kata Kabag Program Pemkab Taput GM Banjarnahor.

Sebanyak 100 perwakilan dari Asosiasi Penyedia Barang/jasa juga mengikuti pelatihan Sistem Penyedia Secara Elektronik (SPSE)  tingkat Kabupaten Tangerang di Gedung Serba Guna, Tigaraksa, Kamis (22/12) lalu.

Dia mengatakan, SPSE Kabupaten Taput memiliki tugas menjembatani penyedia barang/jasa dengan panitia pengadaan dalam hal penyediaan sistem. “Di SPSE Kabupaten Taput selalu ada solusi atas keluahan, kendala yang dihadapi para penyedia barang/jasa terkait sistem,” ucapnya.

Katanya, materi untuk pelatihan ini berasal dari LKKPRI dan LPSE Sumatera Utara. Dengan  pelatihan ini, mulai tahun depan, pengumuman kegiatan di Kabupaten Taput tidak perlu lagi ikut provinsi.

“Tetapi masing-masing sudah melaksanakan. Peserta lelang dari luar daerah bisa melihat kegiatan yang kita laksanakan. Sehingga terbuka peluang peserta dari luar daerah ikut tender di sini,” ujarnya.

Dengan penerapan LPSE, semua kegiatan yang dilelang akan diumumkan melalui internet. Kecuali untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat penunjukan langsung (PL). “Ke depan semua SKPD memanfaatkan server jaringan di Bagian Pembangunan.

Pengumuman melalui elektronik,” tandasnya. (cr-01)

Komentar