2013, Pemko Tanjungbalai Tak Buka Penerimaan CPNS

TANJUNGBALAI – Pemko Tanjungbalai dipastikan tidak akan membuka lowongan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2013.  Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Tanjungbalai Ir H Erwin Syahrul Pane MM, Rabu (30/1).

“Untuk tahun 2013 ini, kemungkinan besar Pemko Tanjungbalai tidak akan membuka lowongan untuk penerimaan CPNS karena belum ada arahan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Kalaupun ada penerimaan CPNS, kemungkinan besar hanya diberlakukan khusus kepada pegawai honor daerah saja dan tidak dibuka untuk umum,” katanya.

Menurut Erwin, sampai saat ini Pemko Tanjungbalai belum menerima arahan dari Mendagri untuk membuka lowongan penerimaan CPNS, karena banyak faktor-faktor yang harus dipenuhi di antaranya, belanja anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (A-PBD), belanja aparatur sampai dalam batas tertentu tidak boleh lebih besar dari pada belanja publik.

Sehingga, kalaupun nantinya akan dilakukan penerimaan CPNS, kemungkinan tidak dilakukan dalam tahun 2013 ini. ”Namun demikian, kita tunggu saja kedatangan dari Ketua Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tanjungbalai yang saat ini masih di Jakarta. Mungkin mereka ke Jakarta adalah dalam rangka tugas, yakni melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara,” kata Erwin.

Sebelumnya, hal senada juga telah diungkapkan Ketua DPRD Kota Tanjung Balai H Romaynor SE saat ditemui Metro di ruang kerjanya. Katanya, pihaknya sudah lama mendengar adanya rencana Pemko Tanjungbalai untuk membuka lowongan penerimaan CPNS, akan tetapi sampai saat ini belum juga terlaksana.

”Kalau rencana untuk penerimaan CPNS itu, sejak dulu suda kita dengar. Akan tetapi, kita tidak tahu alasannya kenapa sampai sampai saat ini Pemko Tanjungbalai tidak juga membuka lowongan untuk penerimaan CPNS tersebut,” ujar H Romaynor.

Sementara Hakim Tjoa Kien Lie, Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Tanjungbalai mengharapkan Pemko Tanjungbalai mengusulkan kepada pemerintah pusat agar Pemko Tanjungbalai bisa melakukan perektrutan CPNS formasi tahun 2013. (ck-5)

Komentar