3.000 Pomparan Siahaan Padati GOR Siantar

Partangiangan Bona Taon & Pelantikan Pengurus PPSD dan GEMAS Siantar

Ketua Dewan Penasehat PPSD Kota Siantar DM Ater Siahaan melantik pengurus baru dengan menyerahkan Pataka Somba Debata kepada Ketua Umum PPSD Jhonny Siahaan SE MSi, di GOR Siantar, Minggu (24/2).

SIANTAR – Sekitar 3.000 orang marga Siahaan dohot Boruna, padati Gedung Olah Raga (GOR) Siantar, Minggu (24/2). Marga Siahaan dohot boruna melaksanakan Partangiangan Bona Taon dan pelantikan Pengurus Parsadaan Pomparan Somba Debata (PPSD ) dan Generasi Muda Siahaan (GEMAS) Siantar.

Sebelum pelatikan pengurus PPSD dan Gemas, acara dibuka dengan ibadah yang dipimpin Pdt Eden Ramses Siahaan STh. Pengurus PPSD Kota Siantar dan Gemas periode 2012-2017, dilantik oleh tujuh orang penasehat yang mewakili Tunas na Pitu.

Dalam arahan dan bimbingannya Ketua Dewan Penasehat/Pembina DM Ater Siahaan (Op Nisi Tomu ), berharap dengan dilantiknya pengurus PPSD baru, ke depannya keturunan marga Siahaan bisa lebih menjalin persatuan dan kesatuan.

“Diharapkan dengan dilantiknya pengurus PPSD yang baru  seluruh pomparan Siahaan harus memiliki filosofi seperti sapu lidi yang besar,” harap DM Ater Siahaan. Di hadapan ribuan keturunan marga Siahaan, DM Ater juga meminta agar pengurus Gemas bisa mengembangkan organisasi tersebut di Siantar. Selain itu Gemas juga diminta untuk tidak terlibat dengan narkotika dan tindakan kriminal serta meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

Pelantikan diawali dengan pembacaan SK Pengurus PPSD Periode 2012-2017 dan pemberian Pataka PPSD kepada Ketua Umum PPSD terpilih Jhonny Siahaan SE MSi yang didampingi Wakil Ketua, Ketua Harian, Sekretaris dan Bendahara. Selanjutnya, dewan penasehat juga melantik pengurus Gemas periode 2012 – 2017. Pengurus dilantik oleh tujuh orang Dewan Penasehat dari Tunas na Pitu.

Acara Partangiangan Bona Taon tersebut juga dihadiri Walikota Siantar yang diwakili Kadispora Drs Tuahman Saragih dan istri Mantan ibu Walikota Siantar Ny RE Siahaan br Hutapea. Selain itu Wakapolres Simalungun Kompol Amry Siahaan SIK juga turut hadir bersama dengan Kepala Cabang Bank Sumut Siantar, Manager Kebun Bah Butong PTPN IV Ir Tambor Siahaan.

Acara Partangiangan Bona Taon juga dihadiri Tulang Lubis dan Boru Sihabolonan Marga Siburian dan Rajagukguk, H Burhanuddin Nasution bersama seratusan rombongan anggidoli Raja Marsundung dan Tuan Marruji juga turut hadir meramaikan acara tersebut.

Pada kesempatan tersebut, panitia dan pengurus juga berdoa bersama dan memberikan ulos kepada Walikota Siantar yang diwakili Kadispora Drs Tuahman Saragih dan kepada ratusan keturunan Marga Siahaan yang termasuk keluarga yang masih belum memiliki keturunan.

Demikian juga kepada  keturunan Siahaan yang sedang  dalam kondisi sakit dan yang belum mendapatkan pasangan hidup seraya berdoa agar kepada mereka diberikan apa yang menjadi impian dan idaman mereka masing-masing.

Ketua Umum PPSD Jhonny Siahaan menjelaskan, saat ini terdapat 1.561 kepala keluarga (KK) yang tersebar di 28 sektor di Siantar. Dengan terlaksananya Partangiangan Bona Taon ini, diharapkan dapat mejalin tali persaudaraan yang lebih erat diantara para Pomparan Somba Debata Siahaan.

“Tugas kita sebagai pengurus tidak hanya semata urusan adat dan budaya, ke depannya yang paling utama agar jalinan tali persaudaraan pomparan Somba Debata semakin erat.” ujar Jhonny Siahaan.

Susunan pengurus terdiri dari Ketua Umum Jhonny Siahaan SE MSi, Ketua Harian Frans H Siahaan, Sekretaris Umum St Drs Manuntun Siahaan MM, Bendahara Umum Moslen Sihotang SH. Kepengurusan PPSD dilengkapi dengan wakil ketua, wakil sekretaris, wakil bendahara dan bidang-bidang.

Sementara pengurus Gemas periode 2012-2017 yang dilantik adalah Ketua Umum Denny TH Siahaan SH, Sekretaris Umum Roy Christian Siahaan SH dan Bendahara Umum Mami br Siahaan. Di sela sela acara, Kompol Amry Siahaan SIK menyumbang Panitia dan Pengurus PPSD sebanyak Rp10 juta.

Sumbangan tersebut merupakan bentuk kepedulian Amry sebagai keturunan Somba Debata Siahaan dan juga karena dirinya lahir di Siantar. Keluarga DM Ater Siahaan juga memberikan bantuan sebesar Rp10 juta kepada pengurus yang nantinya dapat dijadikan dana abadi pengurus. (rel)