3 Calon Kades Sampaikan Visi-Misi

Siap Mundur Jika Program Kerja Tak Tercapai

[Foto: Irvan Nasution]
Tiga calon kades Tinggi Raja foto bersama pendukungnya.

KISARAN – Tiga calon Kepala Desa (Kades) Tinggi Raja Kecamatan Tinggi Raja, Minggu (19/5) di aula Balai Desa menyampaikan visi dan misi. Ketiganya mengaku siap mundur bila dalam tahun tidak bisa merealisasikan program kerja yang tertuang dalam visi dan misi mereka.

Itu disampaikan ketiga calon kades di hadapan warga yang terdiri dari Panitia Pelaksana Pilkades (Pemilihan Kepala Desa), Badan Permusyawarahan Desa (BPD), tokoh masyarakat, tokoh pemuda. Ada pun ketiga Calon Kades Tinggi Raja yakni Dedi dengan nomor urut satu dengan lambang kelapa, Armadani dengan nomor urut 2 dengan lambang padi, Abdur Rahman dengan nomor urut 3 dengan lambang pisang.

Ketiga calon kades ini akan bertarung pada Pilkades yang direncanakan akan berlangsung tanggal 27 Juni. Menurut Ketua Panitia Pilkades Tinggi Raja, Jalaluddin SSos I di sela-sela  kesibukannya memandu acara penyampaian visi dan misi ketiga calon, Jalaluddin mengatakan, suara yang akan diperebutkan berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di desa itu sekira 2.800 lebih terdiri dari 7 dusun. Siapa yang berhasil meraup suara terbanyak, maka dipastikan akan menduduki kursi 1 di Desa Tinggi Raja.

Dikatakannya, sebelum waktu pertarungan digelar, maka berdasarkan aturan yang berlaku, setiap calon kades harus menyampaikan visi dan misi seperti dilakukan hari ini. Di antara visi dan misi terkandung di dalamnya  rencana program serta pandangan calon kades. Selanjutnya masyarakat yang hadir akan mendengar dan kemudian bisa bertanya terkait dari visi-misi masing-masing calon bila dinilai belum jelas.

Ada pun  visi  dan misi ketiga calon kades untuk membangun desa dengan program utama meningkatkan kesejahteraan rakyat dan menyatakan diri sebagai pelayan masyarakat. Menariknya lagi, visi dan misi itu mendapat respon dari yang hadir, misalnya muncul peretanyaan dari yang mendengarkan seperti Ganti Sahata Marpaung, Mahyudin Sagala, Alidon dan lainnya.

Mahyudin Sagala dalam pertanyaan kepada calon kades menanyakan apakah para kades siap mengundurkan diri jika selama dua tahun menjabat tidak bisa menjalan program dan visi misi yang disampaikan. Mendengar pertanyaan dari Mahyudin, ketiga calon kades tersebut mengatakan siap mundur jika program yang mereka rancang tidak bisa mereka jalankan semasa menjabat sebagai kades. (van)

Komentar