40 Persen Agen Gas Elpiji Tak Resmi

TANJUNGBALAI – Sekitar 40 persen peredaran tabung gas elpiji di Tanjungbalai ditdak resmi. Karena sesuai data dari Pertamin, agen resmi tabung gas elpiji di Tanjungbalai, hanya ada empat. Untuk itu Pemko Tanjungbalai diminta melakukan penertiban.

Itu disampaikan Suparno SE pengamat ekonomi Tanjungbalai, Minggu (5/5). Menurut Suparno, sesuai data yang ia miliki dari Pertamina, ada 4 agen resmi tabung gas elpiji di Tanjungbalai, yakni PT Anugerah Tetap Jaya yang dikelola Muchtar di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Tanjungbalai Utara, UD Teguh Gemilang di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sei Tualang Raso, Mas Gas Nusantara yang dikelola Alfian Panjaitan dan Lima Sinar Abadi yang dikelola H Syahrul.

Namun di lapangan banyak ditemukan agen tabung gas elpiji yang tidak resmi. Untuk itu Pemko Tanjungbalai diminta untuk menertibkan agen tabung gas elpiji yang tidak resmi. Suparno mengatakan, adanya pangkalan gas elpiji di Tanjungbalai yang illegal perlu ditinjau ulang.

Karena tanpa adanya pengaturan, hal itu bisa mengganggu pendistribusian tabung gas elpiji kepada masyarakat. Terpisah, Abun penyalur gas elpiji saat ditemui di Jalan Tengku Umar mengatakan, pihaknya memeroleh gas dari PT Tebing Tondung Jaya Tebing Tinggi. Sedangkan tabung gas elpiji 3 Kg diterimanya dari langganan biasa yang mengantar ke grosirnya. (ilu)