68 Desa Dapat Bantuan Untuk Pembangunan Kantor

[Foto: Amran Pohan]
Bupati Tapsel bersama Kaban PMD Rustam Ependi Hasibuan, Kadis Bunak Hamdan Nasution, Camat Sipirok Parlindungan Harahap dan Kades Pargarutan Parlindungan Siregar.

TAPSEL - Sebanyak 68 Desa di Kabupaten Tapsel mendapatkan bantuan dana Rp50 juta dari program Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tahun 2013, dalam merespon otonomi desa agar masyarakatnya semakin berdaya.

Hal ini dikatakan Kepala Badan (Kaban) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rustam Ependi Hasibuan, Minggu (24/3), saat mengikuti kunjungan kerja Bupati Tapsel ke desa Pargautan, Kecamatan Sipirok, Tapsel.“Untuk Tahun ini, 68 desa kita mendapat bantuan.

Kita berharap dengan bantuan ini pelayanan masyarakat di desa lebih baik, sehingga desa lebih berdaya,” katanya. Peruntukan dana tersebut, sambung Kaban, 70 persen untuk dana pembangunan kantor kepala desa dan 30 persen untuk operasional desa, serta dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di Desa. “SPP berguna untuk menguatkan sektor perekonomian warga,” katanya.

Sementara Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu mengatakan, pada tahun 2012 lalu, Tapsel juga mendapatkan bantuan yang sama untuk 44 penerima dan salah satunya adalah Desa Pargarutan, Kecamatan Sipirok.

Sehingga dengan berdirinya gedung kantor kepala desa itu, pelayanan masyarakat bisa lebih ditingkatkan. Yang terpenting, masyarakat tetap melestarikan kebersamaan dan kekompakan yang ada saat ini. Karena sangat mendukung berbagai program pemerintah yang sedang digalakkan.

“Pantas kita syukuri, inilah salah satu bangunan dari bantuan tahun lalu. Dengan berdirinya gedung kepala desa ini, mudah-mudahan kita tetap kompak, tetap menjaga dan memelihara kebersamaan. Karena itu penting dalam membantu pemerintah menjalankan berbagai program pembangunan,” ungkapnya.

Dikatakannya, melalui dana bantuan senilai Rp50 juta yang diberikan kepada desa tertinggal oleh pemerintah provinsi, diharapkan dapat menjadi pendorong geliat kebersamaan dengan melestarikan tradisi bergotong royong di tengah masyarakat desa dalam mendukung berbagai program pembangunan.

“Diharapkan kita semua dapat mendukung akselerasi pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. Serta menambah pendapatan desa yang dapat digunakan dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan kemasyarakatan,” tukasnya.

Kepala Desa Pargarutan Parlindungan Siregar mengatakan, bersama 94 kepala keluarga di desanya, ia akan terus berupaya memelihara dan melestarikan budaya kompak. “Kami sangat berterima kasih dengan bantuan ini, kami akan berupaya semaksimal mungkin menggunakan fasilitas yang ada untuk melayani kepentingan warga,” sebutnya. (ran)

Komentar