81 Honorer K1 Terima SK CPNS

 TARUTUNG – Sebanyak 81 honorer kategori I di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Pemkab Taput) akhirnya resmi menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2012. Ke 81 orang itu terdiri dari guru sebanyak 12 orang, tenaga kesehatan 3 orang dan 66 orang tenaga teknis/administrasi dan lainnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Taput Jamilin Purba menjelaskan jumlah tenaga honorer kategori I yang memenuhi kriteria dan diusulkan ke Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebanyak 87 orang. Setelah diverifikasi hanya 84 orang yang memenuhi kriteria.

“Yang kita usulkan sebanyak 87 orang, tetapi yang lolos hanya 84 orang. Mereka dinyatakan memenuhi kriteria oleh tim verifikasi dan validasi dari BKN dan BPKP pusat. Sedangkan 3 orang lagi tidak memenuhi syarat dengan alasan, satu orang telah lulus seleksi CPNS dari fomasi umum dan dua orang lagi telah meninggal dunia,” terang Jamilin.

Menurut dia, 84 tenaga honor yang sudah memenuhi kriteria tersebut, sebanyak 81 orang telah mendapat lembar penetapan NIP dari BKN. Sedangkan 3 orang lagi masih dalam proses pengurusan di BKN.

Sementara itu, usai menyerahkan SK pengangkatan, Bupati Taput Torang Lumbantobing didampingi Asisten II P Hutagalung, Asisten III, Humala Hutauruk Kabag Humas dan keprotokolan Pahala Lumbantobing mengatakan, penetapan ke 81 CPNS kategori 1 ini telah melalui proses kajian yang cukup lama. Ini merupakan penantian panjang bagi honorer ataupun tenaga kontrak yang selama ini mengabdi kepada pemerintah dan masyarakat.

“Untuk itu CPNS yang menerima SK hari ini, patut bersukacita dan bersyukur. Di balik itu saya mengimbau kepada mereka yang telah menerima SK agar semakin giat bekerja. Tingkatkan profesionalismenya sebagai aparat pemerintahan dengan menjunjung tinggi disiplin dan loyalitas,” katanya.

Torang Lumbantobing juga menegaskan, pemberian SK tersebut tidak dipungut biaya sepeserpun. “Ada tudingan miring soal uang kutipan pengangkatan tenaga honorer ini. Saya tegaskan itu tidak benar dan tidak dibenarkan,” ucapnya.

Bupati dua periode ini juga mengatakan, hari ini merupakan hari yang paling membahagiakan bagi para honener. Sebab setelah sekian lama, pada hari ini akhirnya

mereka telah mendapatkan perubahan status dari pegawai honor daerah menjadi CPNS. “Hal ini harus disyukuri. Untuk itu para CPNS yang baru saja menerima SK agar memperbaharui semangat kerja dan dapat bekerja dengan sungguh-sungguh.

Bekerjalah dengan giat dan baik, agar kelak menjadi harapan dan gantungan para pimpinan. Memiliki disiplin, aktif, kreatif dan loyalitas sesuai aturan dalam bekerja,” tandasnya.
Senang terima SK CPNS

Pantauan METRO, para honorer kategori 1 yang menerima SK CPNS itu tampak bahagia. Tak sedikit dari mereka meluapkan rasa suka citanya dengan bersalaman dan berpelukan dengan sesama honor. Bahkan diantaranya ada yang melompat lompat kegirangan.

Perasaan senang tak terlukiskan dirasakan oleh Wempi Doloantus Hutapea, salah seorang tenaga honor yang akhirnya bisa mendapatkan SK CPNS.

“Ini merupakan perjuangan dan penantian yang lama. Ya pastinya senang, karena ini kami nantikan sudah lama. Dengan penuh kecemasan, akhirnya terjawab sudah, kami akhirnya mendapatkan SK,” ucapnya.

Hal yang sama juga dirasakan Ricardo Tambunan yang bertugas di Dinas PUK Taput. “Akhirnya, setelah berjuang dan menanti cukup lama. Saya bisa dapat SK CPNS juga, memang dan itu sangat saya syukuri,” jelasnya.(cr-01/mua)