9 Anggota DPRD, 7 Kades & 2 PNS Belum Mundur

Ketua KPUD Labuhanbatu mengumumkan hasil daftar calon sementara Bacaleg 2014.

RANTAU –  Sebanyak 9 orang anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu, 7 orang kepala desa (Kades) dan 2 PNS terancam dicoret namanya dari daftar calon sementra (DCS) Pemilu Legislatif 2014. Pasalnya, anggota DPRD yang ‘lompat pagar’, Kades dan PNS tersebut hingga kini belum juga mengundurkan diri dari jabatannya sesuai dengan peraturan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 13 tahun 2013.

Ketua KPU Labuhanbatu Ira Wirtati, Rabu (8/5) menjelaskan, 7 orang kepala desa di Labuhanbatu dan 7 orang anggota DPRD Labuhanbatu yang belum melampirkan berkas permohonan pengunduran diri dari jabatannya. Ditambah lagi, 1 orang anggota DPRD Labuhanbatu Selatan dan 1 orang anggota DPRD Labura serta 2 orang PNS di jajaran Pemkab Labura.

Sesuai peraturan, terang Ira, bacaleg yang merupakan anggota DPRD dari partai yang tidak lolos menjadi peserta pemilu, harus membuat surat pengunduran diri. Begitu juga dengan para kepala desa dan PNS yang ingin maju menjadi menjadi caleg.

Surat pengunduran diri baceleg yang menjabat sebagai anggota DPRD, Kades dan PNS harus diserahkan ke KPU Labuhanbatu paling lama pertanggal 1 Agustus 2014 mendatang.

“Jika tidak juga menyerahkan surat pengunduran diri itu, nama bacaleg tersebut akan di coret dari DCS,” tegasnya. Adapun nama 9 anggota DPRD yang belum mengundurkan diri tersebut; Ronal Matio, anggota DPRD Labuhanbatu dari PPRN, maju kembali menjadi caleg dari PKPI Dapil IV, Rudi Saragih anggota DPRD Labuhanbatu dari PKPB, maju kembali menjadi caleg dari PKPI Dapil III.

Anggota DPRD Labuhanbatu Marisi Hasibuan dari PNPKI, maju kembali menjadi caleg dari PKB Dapil I, Ali Akbar Hasibuan anggota DPRD Labuhanbatu dari PBR, maju kembali menjadi caleg dari PDI-P Dapil I, Hasanuddin anggota DPRD Labuhanbatu dari PIB, maju kembali menjadi caleg dari PPIP Dapil II.

Sementara Sutan Hapsan Nasution, anggota DPRD Labuhanbatu dari PMB, maju kembali menjadi caleg dari Hanura Dapil I, Rudi Hartono anggota DPRD Labuhanbatu dari PBR, maju kembali menjadi caleg dari PAN Dapil V, Rahmad Budiansyah anggota DPRD Labura dari PBR, maju kembali menjadi caleg dari Gerindra Dapil II dan Hj Meika Riyanti Siregar, anggota DPRD Labusel dari Golkar, maju kembali menjadi caleg dari Golkar Labuhanbatu.

Sementara 7 Kades yang belum mengundurkan diri; Kades Janji, Abdul Rahman Haiki, caleg PDI-P Dapil II, Kades Lingga Tiga, Saptono, caleg PDI-P Dapil III, Kades Kampung Dalam, Masngud, caleg PBB Dapil II, Kades Meranti, Agus Suwarno, caleg Golkar Dapil III, Kades Bagan Bilah, Parsono, caleg PDI-P Dapil V IV, Kades Sei Sentosa, caleg Gerindra Dapil IV dan Kades Sei Rakyat, caleg PPP Dapil IV.

Sementara 2 PNS yang maju menjadi bacaleg yakni Plt Kades Perkebunan Ajamu Suharto, caleg PAN Dapil IV dan Nursiwan Hamdi, PNS Pemkab Labura caleg PKB Dapil II. (CR-01)

Komentar