9 Pasangan Mendaftar Parpol Berikan Rekomendasi Ganda

TARUTUNG- Hingga ditutupnya pendaftaran bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Taput periode 2014-2019, Sabtu (6/7). Ada sembilan pasangan balon yang mendaftar, baik dari jalur partai dan perseorangan. Namun dari partai, ada saja partai politik (parpol) yang memberikan rekomendasi ganda.

“Dari sembilan pasangan yang mendaftar, delapan pasangan menggunakan jalur partai dan satu pasangan dari jalur perseorangan,” kata Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu kepada METRO Minggu (7/7).

Dia menerangkan, delapan calon yang menggunakan jalur partai yakni pasangan Ratna Ester Lumbantobing-Refer Harianja (REL-Raja) yang diusung koalisi 14 parpol.

Masing- masing Partai PPN, PDP, PKPI, PDK, Partai Kedaulatan, PPI, PPDI, PKP, PBB, Partai Pelopor dan PNI Marhaenisme, PBR, Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia serta Partai Serikat Indonesia dengan total suara sah 27.375 atau sekitar 20,372 persen.

Setelah itu, disusul pasangan Saur Lumbantobing-Manerep Manalu yang diusung enam parpol, masing masing Partai Golkar, Demokrat, Partai Barnas, PKPB dan Partai Amanat Nasional (PAN) dengan total suara sah 37.704 atau sekitar 28,11 persen.

Kemudian pada hari ketiga, pendaftaran menyusul pasangan Margan RP Sibarani-Sutan M Nababan dari jalur perseorangan dengan membawa 19.227 dukungan. Pasangan dari jalur partaiyakni Banjir Simanjuntak- Maruhum Situmeang diusung Partai Hanura, PIS dan PMB. Pasangan Sanggam Hutagalun-Sahat HMT Sinaga diusung PKB, PDS dan PPRN dengan perolehan 6 kursi DPRD.

Sedangkan Nikson Nababan-Mauliate Simorangkir diusung PDI Perjuangan, Partai Buruh, Partai Patriot dan Partai Barnas dengan perolehan 8 kursi di DPRD. Pasangan Sanggam Hutapea- Marthinus Hutasoit diusung PPP, Partai Barnas, PPIB, Partai Kedaulatan, PPI, PNI MarhAenisme, PDP, PKP, Partai Republikan, PNBKI, PPB, PKDI, PSI dan Partai Buruh dengan perolehan 5 kursi DPRD atau sekitar 24,51 persen dari suara sah.

Pasangan Pinondang Simanjuntak-Ampuan Situmeang diusung PPRN, Partai Barnas, PPIB dan Partai Buruh dengan perolehan 6 kursi di DPRD. Pasangan Bangkit Parulian Silaban-David PPH Hutabarat diusung Partai Demokrat, Partai Gerindra dan Partai Merdeka dengan total perolehan kursi sebanyak 6 kursi.

“Hingga pendaftaran ditutup, ada sembilan balon bupati/wakil bupati yang mendaftar. Namun belum tentu menjadi calon, karena ada tahapan verifikasi berkas seperti dukungan dari parpol pengusung. Sebab ada beberapa balon yang menyerahkan dukungan parpol ganda. Masing-masing mengklaim dia yang diusung parpol tersebut,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, untuk sementara setelah dilihat pengurus partai yang terdaftar di KPU, ada yang namanya tidak ada tetapi menandatangi dukungan sebagai pengurus. Ini menjadi tugas berat bagi KPU.

Sementara dukungan ganda parpol kebeberapa balon yakni Partai Barnas yang mencalonkan pasangan Saur Lumbantobing-Manerep Manalu,  Nikson Nababan-Mauliate Simorangkir, Sanggam Hutapea-Marthinus Hutasoit dan Pinondang Simanjuntak-Ampuan Situmeang.

Selanjutnya, terang Ketua KPUD Taput, PPRN yang mencalonkan Sanggam Hutagalung-Sahat HMT Sinaga dan Pinondang Simanjuntak-Ampuan Situmeang. Partai Buruh yang mencalonkan Nikson Nababan-Mauliate Simorangkir, Pinondang Simanjuntak-Ampuan Situmeang dan Sanggam Hutapea-Marthinus Hutasoit.

“Kemudian, ada 9 parpol yakni Partai Kedaulatan, PPI, PNI Marhaenisme, PDP, PKP, PPDI, PBB, PKDI dan PSI mencalonkan balon Ratna Ester Lumbantobing-Refer Harianja dan Sanggam Hutapea-Marthinus Hutasoit.

“Pendaftaran para Balon bupati/Wakil Bupati Taput semuanya diterima, namun belum tentu memenuhi persyaratan sebagai calon. Berkas dukungan masih diverifikasi ke Menhumkam dan DPP Parpol pengusung atas keabsahan dukungan tersebut.

Yang pasti ada yang dicoret. Mungkin saja semuanya akan dicoret. Itu bukan keinginan KPU Taput tetapi karena peraturan,” terang Lamtagon Manalu. (cr-01/mua)

  • Gatot

    Pemimpin sudah berkelakuan ganda apalagi rakyat,hancurrlah negerikuuu.