Air Soda dan Salib Kasih Ramai Pengunjung

[FOTO: Bernad L Gaol]
RAMAI – Kawasan Salib Kasih yang ramai pengunjung selama liburan Natal dan tahun Baru.

TARUTUNG – Seluruh tempat wisata di Tapanuli Utara selama liburan Natal dan Tahun Baru ramai pengunjung. Di antaranya, Salib Kasih dan Pemandian Air Soda. Pengunjung tidak hanya berasal dari lokal, tetapi dari berbagai daerah Sumatera seperti, Medan, Riau, dan Banda Aceh.

Pantauan METRO, semua objek wisata di kawasan Tarutung, Siatas Barita dan Sipoholon dipadati pengunjung. Seperti di kawasan Salib Kasih Siatas Barita, Pemandian Air Soda Tarutung dan Pemandian Air Panas Sipoholon. Arus lalu lintas menuju kawasan itu juga terlihat padat.

Mulia Sinaga (31) warga Riau bersama seluruh anggota keluarganya sengaja pulang kampung untuk mengunjungi ketiga objek wisata tersebut.

“Kami sengaja berkunjung ke sini. Sebab ini salahsatu rencana kami saat mudik Natalan selain bersilaturahmi dengan famili,” ujarnya kepada METRO, Jumat (4/1) di kawasan Air Soda.

Menurutnya, selain untuk menikmati keindahan alam dan menikmati suasana pemandian air panas dan air soda, pengunjung tak perlu mengeluarkan biaya banyak. Sehingga setiap mudik Natal, dia dan keluarga selalu menyempatkan diri ke tempat-tempat wisata tersebut.

“Kita memilih dan memanfaatkan masa liburan bersama keluarga disini. Sebab lebih hemat dari segi waktu, biaya, dan tenaga. Kita pilih yang dekat dan murah meriah saja. Tidak perlu harus keluar kota, “ ujarnya.

Senada dikatakan R Hutabarat warga Lhoksewumawe, warga Banda Aceh yang kebetulan berkunjung ke wisata Salib Kasih di Siatas Barita. Dia membawa keluarganya berkunjung sambil menikmati alam pegunungan.

Di beberapa objek wisata Salib Kasih nyaris sulit dilalui akibat padatnya pengunjung. Pengunjung yang ingin menggelar tikar dan makan yang sengaja dibawa dari rumah masing-masing harus mencari tempat hingga kelelahan karena hampir semua titik terisi.

“Sulit cari tempat nyaman. Semua tempat sudah dipakai orang lain, yang tersedia hanya tempat yang terkena terik matahari. Makanya makanan yang tadi kita bawa dari rumah dimakan di jalan,” ucapnya.

Menurutnya, Salib Kasih merupakan salah satu obyek wisata rohani yang terkenal di Sumatera Utara. Setiap tahunnya menjadi salah satu kunjungan wisatawan atau perantau yang pulang kampung dan ingin bernostalgia selama di dikampungnya.

Namun, selain menawarkan keindahan juga perlu adanya pernak-pernik yang mengingatkan pengunjung untuk datang kembali.

“Salib Kasih merupakan tempat refleksi yang paling baik, terlebih objek wisata tersebut merupakan kawasan yang berada di salah satu puncak tertinggi di Taput. Selain itu kawasan ini juga merupakan kawasan yang jauh dari kebisingan.

Serta ada hal lain yang sangat menarik. Salah satunya keteduhan saat berwisata di tempat ini,” pungkasnya. (cr-01)