Anggota DPRD Kapuas Hulu Kunker ke Simalungun

Bahas Pengembangan Kebun Sawit dan Karet

SIMALUNGUN – Sebanyak 15 Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Simalungun, Senin (18/3). Kedatangan rombongan tersebut untuk melakukan kegiatan kaji terap dengan fokus kegiatan pada pengembangan dan pengelolaan perkebunan sawit dan karet.

Kedatangan rombongan disambut Bupati Simalungun diwakili Plt Sekda Ir Jhon Sabiden Purba MUM bersama beberapa pimpinan SKPD di ruangan Harungguan Kantor Bupati Simalungun. “Kedatangan kami untuk melakukan kegiatan kaji terap dengan fokus kegiatan pada pengembangan dan pengelolaan perkebunan sawit dan karet ujar,” ujar Ketua DPRD Kapuas Hulu Ade M Zulkifli SAP.

Dia menjelaskan bahwa anggota DPRD kabupaten Kapuas Hulu berjumlah 30 orang, terbagi dalam 6 fraksi dan mempunyai 3 komisi. Pada kegiatan kaji terap kali ini, mereka menentukan 2 kelompok kegiatan, yakni kelompok pertama melaksanakan kaji terap di Pemkab Simalungun dengan fokus kegiatan pada perkebunan karet dan sawit.

Sementara itu, kelompok kedua melaksanakan kegiatan kaji terap di Pemkab Nunukan Provinsi Kalimantan Timur dengan fokus kegiatan pada pelayanan publik pada daerah perbatasan.

Ade M Zulkifli juga menjelaskan secara umum luas wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, yakni 29.842 km2. Secara administratif Kabupaten Kapuas Hulu terdiri dari 23 kecamatan, 4 kelurahan, 209 desa dan 568 dusun.

Sementara Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM dalam sambutannya disampaikan Plt Sekretaris Daerah Ir Jhon Sabiden Purba MUM mengucapkan selamat datang kepada angggota DPRD Kapuas Hulu. Dia berharap, mudah-mudahan kunker para anggota DPRD Kapuas Hulu untuk melihat pengelolaan perkebunan sawit dan karet dapat membuahkan hasil dan mendapat masukan yang bisa diterapkan di Kabupaten Kapuas Hulu nantinya.

Pada kesempatan itu, Kepala Bappeda Drs Wilson Simanihuruk juga memaparkan profil Kabupaten Simalungun secara ringkas.

Juga hadir dalam kesempatan tersebut Kadis Perkebunan Ir Amran Sinaga, Kadis Pertanian Ir Jan Posman Purba, Kepala BP4KP Ir Debora DPI MSi, Asisten I Eka Hendra S.Sos, Asisten II Johanes SP, Asisten III Rizal EP Saragih AP MSi. (rel/ara)