Bertarung di Pilkada Taput 2013

Nikson Nababan Mohon Dukungan PDIP

[Foto: Horden Silalahi]
AMBIL FORMULIR: Drs Nikson Nababan (kemeja putih) saat mengambil formulir pendaftaran balon Bupati Taput ke kantor DPC PDIP Taput, Senin (18/3).

TAPUT – Salah satu kandidat kuat bakal calon (balon) Bupati Tapanuli Utara periode 2014-2019, Drs Nikson Nababan mengambil formulir pendaftaran ke kantor DPC PDIP Taput, Senin (18/3). Didampingi tim suksesnya, Nikson Nababan tiba di kantor PDIP sekitar pukul 12.00 WIB.

Di kantor itu, rombongan diterima panitia penjaringan balon Bupati Taput yang akan diusung oleh PDIP. Di antaranya, Ketua Panitia Ramses Aritonang, Wakil Ketua Darwin Lumban Gaol dan Robin Sianturi, Kordinator Penjaringan Saut Sirait, dan Wakil Sekretaris Agustinus Butarbutar.

Saat pertemuan itu, Saut Sirait mengatakan, PDIP telah membuka penjaringan balon bupati sejak tanggal 14 Maret hingga 15 Mei mendatang. ”Ini adalah bagian tahap pertama penjaringan calon bupati yang akan diusung PDIP, yaitu pembukaan pendaftaran,” ujar Saut.

Sedangkan Agustinus Butarbutar mengatakan, PDIP terbuka bagi semua kandidat bakal calon. Untuk itu, ia meminta agar Drs Nikson Nababan langsung secara terbuka menjelaskan maksud dan tujuannya untuk datang ke kantor PDIP Taput.

Menjawab pernyataan tersebut, Nikson Nababan mengatakan, selaku kader PDIP di DKI Jakarta dan juga Sekretaris DPD Taruna Merah Putih DKI Jakarta yang merupakan bagian dari organisasi PDIP, akan terlebih dahulu melamar ke PDIP sebelum ke partai lain.

”Saya adalah kader PDIP di DKI Jakarta dan juga Sekjend Taruna Merah Putih. Bahkan saya juga Wakil Ketua Bappilu (badan pemenangan pemilihan umum) Gubernur DKI Jakarta baru-baru ini. Jadi, saya sudah bagian dari rumah PDIP. Maka saya harus mulai dari PDIP untuk memohon dukungan partai untuk maju jadi Calon Bupati di Tapanuli Utara ini,” ujar Nikson.

Atas jawaban itu, pengurus PDIP Taput langsung menyodorkan formulir pendaftaran kepada Nikson Nababan, untuk selanjutnya akan diserahkan kembali dalam waktu dekat kepada pihak panitia penjaringan, setelah seluruh data-data kelengkapan pada formulir di isi.

Kepada METRO, usai pengambilan formulir pendaftaran, Nikson Nababan mengatakan, sebagai putra yang lahir dan dibesarkan di Tapanuli Utara, dia maju menjadi bakal calon bupati di daerah itu untuk membenahi keterpurukan dan ketertinggalan kabupaten itu dari kabupaten lainnya di Sumatera Utara, khususnya di kawasan Tapanuli.

“Yang pertama saya benahi adalah sektor pendidikan. Dengan perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM) semua bisa dibenahi dengan baik. Saya bertekad akan menjadikan Kabupaten Tapanuli Utara menjadi kabupaten pendidikan. Karena saya juga merupakan seorang anak guru,” ujar Nikson.

Selain pendidikan, sektor pertanian dan kesehatan juga merupakan skala prioritas. ”Tapanuli Utara banyak menghasilkan berbagai komoditi pertanian yang mampu bersaing di tingkat nasional bahkan internasional. Tapi, selama ini, potensi itu seolah terkubur dan tidak dibenahi.

Soal kesehatan, semua warga berhak mendapat pelayanan yang baik dari pemerintah. Karena itu sudah merupakan amanah undang-undang,” paparnya. Ditanya bagaimana komitmen dia maju menjadi kandidat calon bupati, Nikson menegaskan, dia akan berjuang meloloskan dukungan dari PDIP, PKPB, Partai Merdeka, PDS, PDP dan Partai Patriot.

”Mudah-mudahan dalam waktu dua minggu ini semua dapat kita selesaikan dukungan itu,” tandasnya. (hsl)