Bibit Minta Pimpinan KPK Tak Umbar Janji Soal Kasus

Bibit Samad Riyanto

Jakarta – Mantan Pimpinan KPK, Bibit Samad Riyanto meminta kepada pimpinan KPK saat ini untuk tidak melakukan prediksi kapan sebuah kasus selesai. Sebaiknya, informasi yang disampaikan sesuai dengan alat bukti yang ada.

”Saya bilang begini, kalau sampaikan informasi sesuai dengan fakta dan aturan. Jangan prediksi yang diajukan,” ujar Bibit usai menghadiri acara diskusi LPHSN (Lembaga Penegakan Hukum dan Strategi Nasional) di restoran Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (18/11).

Bahkan, Bibit pun pernah menyampaikan nasihat yang sama sebelumnya saat melakukan serah terima jabatan kepada pimpinan KPK yang baru. Bibit juga menerangkan, dalam proses di KPK kadangkala diperlukan waktu yang lama untul melakukan penyelidikan.

”Mencari alat bukti susah. Korupsi kan berjamaah,” ucapnya. Karena itu, pensiunan polisi ini meminta kepada penerusnya di KPK agar berbicara sesuai dengan fakta dan aturan. Proses penyidikan dan penyelidikan juga tidak perlu diomongkan ke publik dan menargetkan suatu kasus. ”Saya pernah jadi penyidik. Tanyakan ke sana (Pimpinan KPK) sudah pernah jadi penyidik belum?” kata Bibid.

Dalam beberapa kesempatan, pimpinan KPK saat ini memang kerap menjanjikan penyelesaian suatu kasus. Kadang, prediksi soal tersangka pun sudah disampaikan jauh-jauh hari.  (kmc/int)