Rumah Bolon Purba, Tempat Wisata Bersejarah

Rumah Bolon Purba
Rumah Bolon Purba

MetroSiantar.com,SIMALUNGUN –¬†Rumah Bolon Purba merupakan salah satu objek wisata bersejarah yang berada di Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun. Bangunan rumah bolon ini tampak besar dan gagah, terbuat dari kayu hutan dan tidak memakai paku, namun sampai saat ini masih dapat berdiri kokoh.

Konon, Rumah Bolon Pematang Purba ini dulunya merupakan istana. Bangunan ini berjarak sekitar 70 kilometer dari Kota Pematangsiantar. Dulunya, rumah bolon itu merupakan istana yang diyakini telah berusia ratusan tahun ini merupakan tempat bagi sang raja beserta Puang Bolon (permaisuri).

Untuk menuju lokasi Rumah Bolon yang merupakan satu-satunya istana Raja Simalungun yang masih tersisa, dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam dari Pematangsiantar.

Terlihat di dalam rumah bolon itu, ada beberapa ruangan lain. Di antaranya ada Lopou, merupakan kamar tidur raja dan tempat raja menerima tamu. Kemudian ada Balei Bolon merupakan tempat mengadakan sidang atau musyawarah, Jabu Jungga merupakan kediaman panglima kerjaan (Raja Goraha), rumah Bayu sebagai tempat menginap tamu kerajaan, Balei Buttu sebagai tempat pengawal kerajaan, Pattangan merupakan ruangan tempat putri raja bertenun, Losung Bolon merupakan tempat untuk menumbuk padi, Tuangan sebagai tempat menyimpan padi dan Jambur sebagai tempat kandang kuda dan penjaganya.