Bupati Lepas Pawai Takbir Keliling Rantauprapat

 

(FOTO: Ahmad Efendi)
Para pengemudi sepedamotor tampak memadati arus lalu-lintas di Jalinsum Rantauprapat-Labura, Rabu (22/8).

RANTAU- Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD melepas Pawai Takbir Keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1433 H di Lapangan Parkir Stadion Ika Bina Rantauprapat, Sabtu (18/8) malam.  Pawai Takbir Keliling tersebut diikuti perwiridan yang ada di Rantauprapat dan sekitarnya, ormas Islam, kelurahan, SKPD, remaja masjid dan para abang becak yang berasal dari berbagai pelosok kota Rantauprapat.  Walau kota Rantauprapat sebelumnya diguyur hujan hingga pukul 20.30 WIB, namun tidak mengurungkan niat peserta untuk memeriahkan malam hari Raya Idul Fitri tersebut dengan menyerukan Takbir, Tauhid dan Tahmid sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

Tepat pukul 21.00 Wib, Tigor melepas peserta pawai ditandai dengan pemukulan bedug oleh bupati dan Unsur Pimpinan Daerah. Sementara Plt Sekdakab H Ali Usman Harahap SH memberikan aba-aba dengan bendera start.  Pawai pada malam itu menjadi lebih meriah setelah robongan dari Labuhanbatu Utara (Labura) ikut bergabung berkeliling kota Rantauprapat hingga Sigambal dan Aek Nabara. Tidak kurang dari 10 truk, 20 mobil penumpang umum dan ratusan sepedamotor datang dari Aek Kota Batu, Bandar Durian, Kampung Pajak, Berangir dan Marbau tumpah ruah memenuhi jalan-jalan di inti kota Rantauprapat.

Sementara petugas dari Satlantas, Dinas Pehubungan Kominfo dan Satpol PP tampak sibuk mengatur arus lalu-lintas.  “Sayang malam ini hujan bang, kalau tidak masih banyak kawan-kawan yang akan datang ke Rantauprapat,” ujar Dame (19) salah seorang peserta pawai yang berasal dari Marbau. Ketika ditanya mengapa tidak bergabung ke Aek Kanopan sebagai ibukota Kabupaten Labura, Dame berdalih bahwa kota Ranatuprapat lebih dekat dibanding ke Aek Kanopan. “Lagipula di Rantauprapat lebih meriah,” ungkapnya.  Bupati dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD dalam sambutannya sebelum melepas pawai itu mengatakan, Pawai Takbir ini adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemkab Labuhanbatu dalam rangka meningkatkan syiar Islam, ukhuwah Islamiyah, persatuan dan kesatuan ummat.

Tigor juga meminta kepada peserta Pawai Takbir untuk menjaga ketertiban dan keamanan serta keselamatan sehingga nuansa Idul Fitri dapat terjaga. Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu Drs H Azaman Harahap dalam sambutannya melaporkan, bahwa pawai tersebut diikuti 420 kenderaan yang terdiri dari sepedamotor 120 unit, kenderaan roda empat 100 unit dan becak 200 unit. Dijelaskannya, rute yang dilalui dengan titik start di lapangan Ika Bina menuju Jalan Sudirman–Ahmad Yani–Perisai–Sirandorung–Pardamean–Siringoringo–Urip Sunodiharjo–Gatot Subroto dan finish di Lapangan Ika Bina Rantauprapat.

Di Labusel, Bupati Tak Ikut Meriahkan Malam Takbiran
Ribuan  warga Kabupaten Labuhanbatu Selatan dari lima Kecamatan melakukan pawai takbir menyambut hari raya Idul Fitri 1433 H menaikan bus, truk, dan sepedamotor. Kegiatan takbir keliling itu dimulai dari lapangan Marsipature Hutanabe Kotapinang menujuh  Kecamatan Torgamba dengan jarak tempuh 10 km. Dalam kegiatan tersebut, Bupati Labusel H Wildan Aswan Tanjung tidak hadir, hanya saja acara malam takbiran tersebut dihadiri seluruh pimpinan SKPD, camat, tokoh agama, tokoh masyarakat, alim ulama dan tokoh pemuda setempat.

Kabag Humas Pemkab Labusel Abdul Karim mengatakan, pada hari raya pertama Idul Fitri 1433 H Bupati Labusel H Wildan Aswan Tanjung menggelar open house di rumah dinas bupati di Jalan Kampung Jawa Kelurahan Kotapinang Kecamatan Kotapinang Labusel. Kegiatan open house dihadiri Kapolres Resor Labuhanbatu, Wakapolres Resor Labuhanbatu dan jajarannya, Dan Dim 0209 Labuhanbatu, Ketua Pengadilan Rantauprapat, seluruh SKPD, para camat dan pejabat lainnya. (cr1/mhr)

 

Komentar