Dahlan Iskan Cup, Terbesar di Asia Tenggara

Kejuaran Tenis Meja dengan 54 Meja Sekaligus

JAKARTA – Sekelompok penggemar tenis meja di Jakarta menggagas penyelenggaraan kejuaraan tenis meja yang bakal menyandang dua status sekaligus. Yakni, yang pertama dan terbesar, bukan saja di Indonesia. Tetapi, di Asia Tenggara.

Ketua panitia penyelenggara Robert Njo yakin kejuaraan yang akan diberi titel Turnamen Tenis Meja Dahlan Iskan Cup ini akan menjadi yang terbesar. Karena, di arena tempat kejuaraan –di Galaxy Sports Ancol, Jakarta– akan dipasang sekaligus 54 meja tenis meja. ”Belum pernah ada sebelumnya, langsung main di 54 meja,” katanya, di Jakarta.

Bahkan, dia yakin, kejuaraan yang dijadwalkan pada 12-14 Oktober ini akan masuk dalam catatan Musem Rekor Dunia Indonesia (MURI). ”Kalau di dunia, saingannya di Brasil. Di sana pernah sekaligus memasang 100 meja lebih dalam satu kejuaraan tenis meja,” paparnya.

Untuk status yang pertama, menurut Robert Njo, karena kelas yang dipertandingkan dalam kejuaraan ini sangat banyak. Yakni, hingga 17 kelas. Mulai dari kelas anak-anak, remaja hingga veteran. Kelas untuk penghobi hingga atlet. Juga ada kelas khusus kejuaraan antarperusahaan dan antarmedia.

”Kami ingin sekali menggairahkan lagi olahraga tenis meja di Indonesia. Kebetulan banyak teman pengusaha yang hobi tenis meja dan mendukung, Maka kita gelar kejuaraan ini,” ujarnya.

Mengenai pemilihan nama kejuaraan yang membawa nama Dahlan Iskan, Robert Njo menjelaskan, ini terkait dengan fakta bahwa Dahlan Iskan adalah tokoh nasional yang sangat getol membangkitkan lagi Indonesia. Termasuk, lewat olahraga.

”Saya dengar beliau juga gemar tenis meja. Sehingga, sangat tepat. Apalagi, beliau mendukung dan bersedia membuka kejuaraan ini nantinya,” kata Robert Njo lagi.

Sekadar informasi, saat menjadi CEO Jawa Pos, meja tenis meja selalu tersedia di ruangan redaksi. Dahlan Iskan sesekali bermain tenis meja dengan reporter atau siapa pun yang berada di ruangan tersebut.

Pendaftaran dibuka mulai Selasa (24/9) hingga 5 Oktober 2013. Untuk informasi silakan hubungi email: davidjacobs.tenismeja@gmail.com (telepon 0818187447) atau jimmy_lee@prasidha.co.id (o816881228). (pam/medcen)