Dana BOS Cair

SIDIMPUAN- Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan I dan II untuk Kota Padangsidimpuan (Psp) sudah disalurkan ke masing-masing sekolah. Dan, untuk triwulan III periode Juli-September masih dalam proses pencairan. Direncanakan dicairkan pada akhir September mendatang.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Psp H Masuddin Lubis, yang juga Manajer BOS Disdik Psp, kepada METRO, Rabu (14/8) menerangkan, untuk dana BOS triwulan II (April, Mei, Juni) 2013 sudah disalurkan melalui kas umum pusat ke kas umum daerah provinsi dan langsung ke rekening masing-masing sekolah.

“Untuk penyaluran dana BOS triwulan kedua sudah selesai untuk penyalurannya. Ada sebanyak 119 sekolah penerima yang terdiri dari tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah tingkat pertama (SMP). Dan jumlahnya sebesar Rp5.852.245.000. Untuk tingkat SD Rp580 ribu dan untuk tingkat SMP Rp710 ribu per tahun dan dicairkan setiap triwulannya,”  ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya hanya bertugas sebagai pengawas penyaluran tersebut, dan untuk masalah proses penyaluran dana BOS tersebut, langsung dari pusat ke provinsi, kemudian disalurkan ke rekening masing-masing sekolah.

“Jadi kami pihak Disdik hanya sebagai tim pendataan, monitoring, evaluasi dan juga sebagai pelayanan pengaduan dari masyarakat, apabila ada terjadi penyelewengan dalam hal tersebut,” jelasnya.

Untuk dana BOS Triwulan III, pihaknya masih melakukan proses pendataan, hal ini disebabkan banyak siswa yang baru masuk pada tahun ajaran baru 2013/2014. “Untuk Triwulan III (Juli-September) masih dalam proses pendataan disebabkan banyaknya siswa baru yang belum terdata pada penerimaan tahun ajaran baru kemarin,” ungkapnya. (mag 01)