Dana HUT Taput Belum Ditampung di APBD

(Foto: Hengki Tobing)
TEKAN SIRENE: Bupati dan Uspida Taput menekan tombol sirene pertanda dibukanya pameran HUT ke-67 Taput, Jumat (28/9).

TAPUT - Dana perayaan HUT ke-67 Taput belum ditampung di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Rencananya Oktober mendatang baru diusulkan di P-APBD atau setelah perayaan HUT selesai digelar.

Hal ini dibenarkan Pelaksana tugas Sekda Taput HP Marpaung yang dikonfirmasi METRO melalui telepon selulernya, kemarin.  Namun sayang, Marpaung enggan berkomentar terkait jumlah dana yang diusulkan. Malah Marpaung menyarankan wartawan untuk menanyakan hal tersebut kepada Kabag Perekonomian.

“Ya, kita memang sedang mengusulkan dana untuk perayaan HUT Taput untuk ditampung dalam P-APBD. Memang P-APBD belum ditetapkan. Kalau berapa dana yang diusulkan silahkan tanya kepada Kabag yang menangani kegiatan itu. Nanti kalau saya yang jawab salah pula,” tandasnya.

Namun, ketika Kabag Perekonomian Maria Sihombing sekaligus Ketua Seksi pameran pembangunan hendak dikonformasi terkait jumlah dana yang digunakan untuk pembangunan stand, berusaha menghindar. Maria seolah-olah sengaja menutup-nutupi biaya yang dipakai pada perayaan HUT Taput tersebut.

Ketua Laskar Anti Korupsi Indonesia Taput Harapan Silalahi kepada METRO, Jumat (28/9) menilai tindakan yang dilakukan oleh pejabat pemkab sudah merupakan pembodohan publik.  “Kegiatan pada perayaan HUT ini sudah dilaksanakan. Tetapi dananya masih diusulkan  untuk ditampung dalam Perubahan-APBD yang saat ini sedang dibahas dan baru tanggal 8 Oktober penetapan P-APBD. Namun, pemkab sudah melakukan kegiatan.

Seolah-olah hal tersebut sudah disetujui DPRD. Nah, bagaimana nanti pada penetapan P-APBD tertanggal 8 Oktober apabila tidak disetujui DPRD? Seharusnya, anggaran itu terlebihdahulu disetujui DPRD baru dilaksanakan. Jadi jangan terbalik. Pemkab dalam hal ini sepertinya telah menunjukkan sikap tidak ambil pusing atau semau gue,” kata Harapan Silalahi.

Untuk diketahui, perayaan HUT ke-67 Taput yang jatuh pada 5 Oktober mendatang resmi dibuka Bupati Taput Torang Lumbantobing, Jumat (28/9). Hari pertama penyelenggaraan dimulai dengan pembukaan stand instansi dan dinas pemkab, BUMD dan BUMN.

Sesuai laporan panitia, pameran pembangunan diikuti 50 stand diisi Pemkab Taput, 15 stand diisi kecamatan se-Taput, 2 stand dari Pemko Sibolga, Perbankan, BUMN, 11 stand dari BUMD, dan ratusan stand komersial lainnya. (cr-02)