Dinkes Sosialisasi Jamkesmas, Jamkesda & Jampersal

(Foto: Milson Silalahi)
Kepala Dinas Kesehatan Sibolga M Yusuf Batubara saat membuka sosialisasi Jamkesmas, Jamkesda dan Jampersal.

SIBOLGA - Dinas Kesehatan Sibolga menggelar sosialisasi Jamkesmas, jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) dan jaminan persalinan (Jampersal) di aula lantai II kantor Camat Sibolga Selatan, Rabu (31/10). Narasumber berasal dari Dinkes Sibolga, RSUD FL Tobing dan dari PT Askes.

Kadis Kesehatan Sibolga M Yusuf Batubara dalam sambutannya sekaligus membuka acara mengatakan, sesuai dengan undang-undang di Negara RI, pemerintah berkewajiban untuk melindungi seluruh rakyatnya. “Untuk 3 tahun terakhir ini, pemerintah telah mengalokasikan dana untuk perobatan masyarakat yang tidak mampu dengan program Jamkesmas. Hal ini mengacu pada kesepakatan berbagai negara untuk menekan angka kematian ibu hamil, anak, balita akibat ketiadaan biaya, dimana penyebab yang paling utama dalam kematian ibu umumnya karena keterlambatan pertolongan akibat tidak ada biaya,” kata Yusuf.

Menurutnya, meski Jamkesmas telah dikucurkan di Sibolga, namun masih banyak warga Sibolga yang kurang mampu dapat berobat. Dengan adanya kesepakatan Pemko dengan DPRD, akhirnya Pemko memberikan Jamkesda kepada warga Sibolga sebanyak 4.166 orang, yang diambil dari pengalokasian dana Pemko.

“Dalam sosialisasi ini akan diterangkan tentang hak dan kewajiban kita selaku peserta Jamkesmas, Jamkesda dan Jampersal. Sesuai tujuan Pemko dalam menekan resiko kematian akibat terlambatnya penanganan medis disebabkan ketiadaan biaya,” ujarnya.

Sementara itu sebelumnya, anggota DPRD Sibolga dari Komisi III Zamil Zeb Tumori dalam sambutannya mengatakan, DPRD sangat menyambut baik adanya sosialisasi untuk berjalannya program Jamkesda. “Pada hari ini, saya selaku anggota dewan merasa bangga, sebab bertambah warga Sibolga yang tidak mampu dapat berobat dengan Jamkesda. Bagi warga Sibolga silahkan berobat di rumah sakit Sibolga terutama warga tidak mampu, sebab peserta Jamkesda sudah dijamin biaya perobatannya oleh Pemko,” kata Jamil.

Anggota DPRD lainnya dari Komisi I, Kusnan Efendi S dalam sambutannya mengatakan, tujuan pelaksanaan sosialisasi Jamkesda adalah agar semua warga Sibolga tahu apa itu Jamkesda.  Theresia P Samosir dalam laporannya mengatakan, sosialisasi ini dilaksanakan 2 hari. Untuk Kecamatan Sibolga Utara dan Sibolga Kota dipusatkan di aula Kecamatan Sibolga Utara, Selasa (30/10). Sedangkan Rabu (31/10) untuk Kecamatan Sibolga Sambas dan Sibolga Selatan yang dilaksanakan di aula Kecamatan Sibolga Selatan. (son)

Komentar