DP4 Pilkada Taput Lebih Banyak Dibanding DPT Pilgubsu

[Foto: Bernad L Gaol]
SERAHKAN: Plt Sekda Taput Drs HP Marpaung menyerahkan DP4 Pilkada yang dikemas dalam bentuk compak disk (CD) kepada Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu.

TARUTUNG – Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Pilkada Taput 2013 yang diserahkan pemkab ke KPU, Selasa (16/4) sebanyak 218.227 jiwa. Jumlah ini lebih banyak dibanding Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgubsu Maret lalu, yakni 205.746 jiwa atau memiliki selisih sekitar 12.481 jiwa.

Plt Sekda Taput Drs HP Marpaung mengatakan, penyerahan DP4 tersebut merupakan bagian dari tahapan Pilkada, untuk selanjutnya diproses KPU. Mulai dari pemutakhiran data, penyusunan dan pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) hingga DPT.

Hal itu dibenarkan Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu. “DP4 ini nantinya akan ditetapkan sebagai DPT,” ucap Lamtagon. Dia juga mengakui adanya selisih jumlah DP4 Pilkada Taput dengan DPT Pilgubsu sebesar 12.481 jiwa. “Benar. Selisihnya banyak, sekitar 12.481 pemilih.

Dimana DPT Pilgubsu tercatat sebanyak 205.746 pemilih, sedangkan DP4 Pilkada Taput sebanyak 218.227 pemilih,” jelasnya. Ditanya apa peyebab jumlah DP4 lebih banyak dibanding DPT bahkan memiliki selisih hingga puluhribuan, Lamtagon enggan mengomentarinya.

“Dalam menentukan DP4 kita tidak ikut. DP4 itu ditentukan Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan. Kemudian diteruskan ke KPU. Oleh KPU membentuk tim dan menjadikannya DPS untuk selanjutnya dimutakhirkan jadi DPT,” jelasnya.

Hanya saja, sambungnya, pihaknya akan melakukan keakurasian data pemilih tersebut. “Kita akan melakukan pengecekan perihal keakurasian data pemilih ini nantinya. Dengan begitu, selisih angka tersebut dapat diketahui.

Kalau ada yang ganda seperti sudah meninggal dunia akan kita coret. Termasuk pemilih yang sebelumnya masyarakat sipil kemudian diterima saat mendaftar di militer dan polisi,” pungkasnya. (cr-01)