Duta Wisata Pelajar Akan Jadi Guide

(FOTO: METRO/MARIHOT SIMAMORA)
GUIDE- Para duta wisata pelajar yang dipersiapkan menjadi guide para tamu GPTP saat diberi pembekalan oleh Bupati Bonaran Situmeang, Kamis (4/10).

PANDAN – Para duta wisata dari kalangan pelajar Tapteng dipersiapkan menjadi guide atau pemandu para tamu dari 7 organisasi perempuan yang akan melaksanakan Gerakan Perempuan Tanam & Pelihara (GPTP) Nasional, 13-14 Oktober pekan depan. Mereka dibekali dengan informasi dan wawasan seputar objek-objek wisata yang ada di Negeri Wisata Sejuta Pesona itu.

Para duta wisata pelajar itu di antaranya dari Kecamatan Pinangsori, Fernando Situmeang, Frans Edward, Tysca Carissa, Desnita, dan Elsa. Dari Kecamatan Andam Dewi Pierre Jordan dan Noverius. Dari Kecamatan Sarudik Hotnida Habeahan, dan dari Kecamatan Pandan Yoviananda Sigalingging.

Objek-objek wisata di Tapteng meliputi Pulau Situngkus, Pulau Bakar, Pulau Batu Berlayar, Pulau Porlak, Pulau Putih/Putri. Lalu, Pantai Binasi, Pantai Pandan, Pantai Muara, Pantai Botot, Pantai Sitiris-tiris, Pantai Kahona, dan Pantai Kalangan. Di mana panjang keseluruhan hamparan pantai Tapteng mencapai 200 km. Ada lagi wisata air terjun Pane, Haloban, Sibuni-buni, Aek Nabobar, Parhonongan Gajah, Golkar, Aek Horsik, Aek Maranti, Huta Raja, dan air terjun Siabal-abal.

Yang paling eksotik Pulau Mursala atau Mansalar Island, yang memiliki air terjun yang airnya langsung jatuh ke laut. Karena keindahan dan eksotikanya, Pulau Mursala disebut sebagai “Surga Nusantara di Tapteng”. Di perairannya juga tumbuh terumbu karang perpaduan air tawar, air payau dan air asin. Hidup juga ikan nemo. Ikan yang terkenal lewat film “Nemo” itu juga hidup di perairan Pulau Putih/Putri, jajaran Pulau Mursala.

Kemudian objek wisata sejarah agama dan peradaban dunia. Meliputi Makam Mahligai, Makam Papan Tinggi, Makam Tuan Ibrahim Syah, Makam Tuan Ambar, dan Makam Tuan Macdun di Kota Tua Barus.

“Duta wisata pelajar ini jadi guide tamu yang ikut GPTP nanti. Ada sekitar 80-100 orang tamunya nanti. Jadi mereka mesti tahu informasi dan wawasan seputar objek-objek wisata daerah kita. Seperti Air Terjun Mursala yang unik dan eksotik, Makam Mahligai dan Papan Tinggi di Barus. Makam tua itu yang menjadi bukti peradaban dunia dan sejarah masuknya ajaran agama Islam dan Kristen ke Indonesia,” terang Bupati Tapteng, Raja Bonaran Situmeang SH MHum, usai memberi motivasi dan berbagi informasi bersama para calon guide itu di Ruang Rapat Garuda, Pandan, Kamis (4/10).

Turut mendampingi, Kepala Bappeda Ir Harmi P Marpaung MEng, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Budiman Ginting SH, Kadis Pekerjaan Umum Jhonson Pasaribu ST MSi, Kepala BKD Drs Rahman Situmeang, dan Kabag Humasy Iwan RM Sinaga SH. (mor/nasa)