Kiat Menentukan Pilihan Pinjaman di Bank

MetroSiantar.com – Setiap bank memiliki ketentuan yang berbeda-beda dalam menentukan besarnya suku bunga yang dibebankan pada produk kreditnya. Semakin kecil suku bunga yang dibebankan tentunya semakin kecil pula cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Ada beberapa kiat yang layak Anda jalankan untuk mendapatkan pinjaman kredit tanpa anggunan (KTA) bunga rendah, antara lain :

  1. Menggunakan mesin perbandingan online

Banyak website penyedia produk kredit yang memasang mesin perbandingan online untuk membandingkan informasi mengenai produk kredit dari berbagai bank seperti misalnya cermati.com.

Dengan hasil perbandingan mesin tersebut Anda dapat memperoleh produk kredit mana yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan Anda membayar cicilan pinjaman.

Pada proses penggunaan mesin perbandingan online biasanya akan memuat pertanyaan dasar mengenai berapa besarnya dana pinjaman yang ingin diajukan dan berapa lama jangka waktu tenor pengembalian yang akan diambil untuk mencicil pinjaman tersebut.

Beberapa website penyedia mesin perbandingan ada yang meminta untuk mengisi beberapa kriteria dan persyaratan terlebih dahulu sebelum membandingkan beberapa produk kredit yang ada.

Beberapa kriteria dan persyaratan tersebut seperti tanggal lahir, besar penghasilan setiap bulannya, alamat kota tempat tinggal, atau pekerjaan Anda saat ini.

Dari hasil perbandingan yang ditampilkan mesin perbandingan online, Anda dapat melihat suku bunga bank mana yang nilainya paling kecil. Teliti informasi yang ditampilkan, apakah bunga pinjaman cocok dengan besarnya dana yang ingin Anda pinjam.

  1. Mencicil pinjaman sesuai dengan kemampuan keuangan

Memang syarat paling utama dalam mencari penawaran kredit terbaik adalah mendapatkan suku bunga yang paling rendah. Namun, meminjam uang di bank juga suatu komitmen bahwa kita diharuskan secara rutin membayar cicilan dari pinjaman tersebut.

Pembayaran biasanya dapat setiap bulan, tapi dapat pula setiap musim seperti 4 bulan sekali.

Besarnya cicilan yang dapat Anda bayarkan haruslah sesuai dengan kemampuan Anda mencicil sesuai besarnya pendapatan/pemasukan yang Anda terima setiap bulannya. Perhitungkan pula jumlah pengeluaran Anda setiap bulannya.

Jika pendapatan Anda dikurangi dana untuk mencicil pinjaman KTA, apakah Anda akan merasa kesulitan mencukupi kebutuhan hidup Anda setiap bulannya sampai jangka waktu tenor cicilan Anda lunas. KTA CIMB Niaga Dana Xtra dari CIMB Niaga menjadi cukup populer karena jumlah cicilan yang tidak begitu berat dan bunga yang cukup bersahabat.

Selain Anda sendiri sebagai pengaju KTA yang menentukan besar dan tenor cicilan, pihak bank nantinya juga memiliki prosedur dan ketentuan sendiri menentukan rasio kredit yang diajukan nasabah yang mengajukan kredit.

Bisa jadi, besarnya dana KTA yang Anda ajukan tidak diloloskan 100%. Terlebih jika Anda baru pertama mengajukan KTA, terkadang bank hanya meloloskan 70% dari besarnya dana KTA yang Anda ajukan.

  1. Perhatikan riwayat kredit Anda

Riwayat kredit Anda sebelumnya akan digunakan oleh pihak bank dalam mempertimbangkan lolos tidaknya KTA yang Anda ajukan. Jika dalam riwayat kredit Anda sebelumnya pernah mengalami masalah seperti terkena BI checking.

Pengajuan KTA Anda mungkin saja tidak dianggap layak untuk diloloskan. Pihak bank tentunya akan memilih memberikan pinjaman kepada calon peminjam dengan catatan kredit yang baik.

Sebagai alternatif, Anda bisa mengajukan kartu kredit BCA sebagai kartu awal Anda untuk mendapatkan riwayat kredit yang cukup karena syarat pengajuan kartu kredit tersebut cukup ringan dan bisa menjadi awal perencanaan pinjaman Anda selama 1 tahun kedepan.

Misalkan riwayat kredit Anda sudah dianggap baik oleh pihak bank, ada pula kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan pinjaman dengan suku bunga terendah.

Besarnya suku bunga kredit biasanya bervariasi tergantung pada berapa banyak dana yang ingin Anda pinjam serta berapa lama tenor pembayaran cicilan yang ingin Anda ambil untuk melunasi cicilan pinjaman tersebut.

Biasanya semakin lama tenor jangka waktu pelunasan cicilan pinjaman yang Anda ambil maka bunga yang dibebankan kepada pinjaman Anda juga semakin besar.

Meski demikian, dengan perbandingan yang dipaparkan dengan jelas pada mesin perbandingan online, tentunya Anda dapat memilih dengan lebih mudah produk KTA dari bank mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Cermati dan baca teliti informasi yang ditampilkan.

Website penyedia mesin perbandingan online biasanya juga menyediakan fasilitas untuk membantu calon peminjam mengajukan KTA pada bank yang informasinya disampaikan di situs tersebut. (adv)

 

 

 

loading...