Ganteng Menang di Lapas Labuhan Ruku

Pasangan Gatot Pujo Nugroho-T Ery Nurasi alias Ganteng memenangan Pilgubsu di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Labuhan Ruku Batubara dengan mengantongi 68 suara. Kemudian, perolehan suara kedua pasangan GusMan 58 suara, Amri-RE Nainggolan 38 suara, Es-Ja  26 suara, Chairuman- Fadly 15 suara.

Kepala Lapas Labuhan Ruku Drs Zaherman melalui Kepala KPLP, S Berutu menjelaskan, kegiatan pemilu sering dilakukan di lapas terutama Pilgubsu dan kegiatan itu merupakan hiburan tersendiri bagi para tahanan.

“Setiap pemilu kami sering melakukan pemilihan di lapas ini, terutama Pilgubsu yang hari ini kita gelar, menjadi hiburan tersendiri bagi para tahanan untuk merayakan pesta demokrasi yang dilakukan selama lima tahun sekali,” ujarnya.

Dia menambahakan, dalam pemilihan mereka terus mengawasi para tahanan yang ingin memanfaatkan hari untuk melarikan diri. Pihaknya, juga tidak bisa memaksakan semua para tahanan menggunakan hak pilih, sebab hak tersebut merupakan kesadaran sendiri para tahanan.

Sementara Ketua TPS 9 di Lapas Labuhan Ruku Ali syahrum Tumoran menjelaskan, pihaknya akan terus melaksanankan Pilgubsu di TPS tersebut dengan semaksimal mungkin, agar pelaksanaan pemilihan tersebut dapat berjalan secara efektif.

Sementara salah seorang tahanan menuturkan, mereka tahanan di dalam lapas memakai semboyan “Tak Kenal Maka Tak Sayang” yang mana ruang lingkup mereka yang terbatas, menjadikan mereka kurang berantusias dalam Pilgubsu.

Dia menambhakan, antusias para tahanan sedikit terbangun dengan sosialisasi yang dilakukan KPUD, yang menjelaskan kepada mereka siapa calon dan bagaimana cara menggunakan hak pilih. (mag-09)