Harga Karet Turun, Rp14 Ribu per Kg

 

(Foto: Ist) DERES- Seorang petani karet sedang menderes getah karet di perkebunan.

(Foto: Ist)
DERES- Seorang petani karet sedang menderes getah karet di perkebunan.

MEDAN- Petani karet di Sumatera Utara mengeluhkan fluktuasinya harga jual dengan tren melemah atau tinggal di sekitar Rp14 ribuan per kg dari sebelumya sekitar Rp16 ribuan per kg.

Petani karet di Labuhan Batu, K.Siregar, di Medan, Rabu (1/8) mengatakan, harga jual yang tidak stabil membuat petani khawatir. Kekhawatiran semakin besar karena produksi sedang turun akibat cuaca yang tidak menentu. “Stres dibuat harga karet yang tidak menentu, apalagi mau Hari Raya,” katanya. Sekretaris Eksekutif Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo) Sumut, Edy Irwansyah mengakui, terjadinya fluktuasi yang cepat pada harga ekspor karet itu.

Harga karet di pasar bursa Singapura pada 31 Juli misalnya ditutup sebesar 2,758 dolar AS per kg untuk pengapalan Agustus dari 30 Juli yang masih, 2,795 dolar As per kg. Padahal sebelmnya tanggal 27 Juli harga masih 2,84 dolar AS per kg.

Harga yang fluktuasi itu juga berdampak kepada harga bahan olah karet (bokar) di pabrikan Sumut, dimana pada 31 Juli harga bokar itu tinggal Rp21.600- Rp23.600 per kg dari Rp21.900-Rp23.900 per kg. Penurunan harga karet diduga kuat karena menurunya harga minyak mentah di pasar internasional dan termasuk menurunnya permintaan dampak krisis global yang masih dirasakan.

Harga minyak mentah di pasar internasional, Selasa, berada di level 89,68 dolar AS per barel, setelah sebelumnya di kisaran 90 dolar AS per barel. Harga kontrak minyak itu merupakan level terendah sejak 26 Juli lalu. Penurunan harga minyak juga disebabkan oeh turunnya tingkat kepercayaan ekonomi di Eropa ke level terendah dalam tiga tahun terakhir dan pasar juga menunggu hasil pertemuan pimpinan Bank Sentral Eropa dan the Federal Reserve yang akan digelar pada pekan ini. “Harga ekspor yang fluktuatif tentunya juga langsung mempengaruhi harga getah di tingkat petani,” kata Edy. (ant/int)

 

Komentar