Harga Tiket KA Naik Rp70 Ribu

RANTAU – Harga tiket kereta api selama libur akhir tahun mengalami kenaikan. Kenaikan harga tiket selama akhir tahun mencapai Rp70 ribu per tiket untuk kelas eksekutif.

Wakil kepala stasiun kereta api Rantauprapat Arminizar, kepada METRO, Rabu (2/13) mengatakan, kenaikan harga tiket dikerenakan jumlah penumpang mengalami peningkatan libur akhir tahun Natal dan Tahun Baru.

“Selama Natal dan Tahun Baru harga tiket kereta api mengalami kenaikan. Namun, harga tiket tidak setabil, tergantung dari jumlah permintaan. Misalnya saja untuk harga tiket kelas eksekutif dengan tujuan Rantauprapat ke Medan saat ini mencapai Rp200 ribu per tiket. Namun harga tersebut bukanlah kami yang menentukan, melainkan kantor pusat Direktorat Komersial yang berada di Bandung,” katanya.

Dijelaskan Arminizar, setiap hari mereka mengirimkan daftar harga tiket melalui system online. Jadi, jika masyarakat terbebani dengan naiknya harga tiket, maka disarankan agar memesan tiket jauh dari sebelum hari keberangkatan. Karena saat ini PT KAI membuka pemesanan tiket 30 hari sebelum keberangkatan.

Ditambahkan Arminizar, selama libur stasiun Rantauprapat  melakukan penambahan gerbong kereta untuk eksekutif dan kreta bisnis.

“Untuk kelas eksekutif hari biasa ada dua kereta, namun selama libur akhir tahun Natal dan Tahun Baru ada penambahan satu kereta dengan jumlah penumpang 156 tempat duduk.

Sedangkan untuk kelas bisnis, pada hari biasa hanya ada empat kereta namun selama libur akhir tahun ini kami menambahkan menjadi enam kereta dengan jumlah penumpang 384 tempat duduk,” katanya.

Sementara salah seorang penumpang Rahmad Riki Dongoran (26) mengaku kecewa dengan naiknya harga tiket selama libur akhir tahun.

“Saya kecewa dengan pihak kereta api yang menaikkan harga tiket begitu tinggi. Biasanya saja harga tiket untuk eksekutif tujuan Rantau- Medan dan hanya Rp130 ribu, sekarang mencapai Rp200 ribu dan untuk tiket bisnis biasanya hanya Rp70 ribu sekarang mencapai Rp100 ribu, jika saya tahu seperti ini lebih baik saya pesan tiket jauh sebelum hari keberangkatan,” katanya. (CR-02)

Komentar