Hari Pertama Pendaftaran

KPU Taput Terima Dua Pasangan Balon Bupati

[Hengki]
Pengurus KPU Taput memeriksa berkas yang diserahkan dua pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati Taput periode 2014-2019, Senin (1/7).

TARUTUNG – Hari pertama dibukanya pendaftaran pasangan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Taput periode 2014-2019, dua pasangan calon mendaftarkan diri ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin (1/7)

Mereka adalah pasangan Ratna Ester Lumbantobing-Refer Harianja (REL-Raja) yang diusung koalisi 14 partai politik (parpol) masing masing partai PPN, PDP, PKPI, PDK, Partai Kedaulatan, PPI, PPDI, PKP, PBB, Pelopor dan PNI Marhaenisme. Kemudian, PBR, Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia serta Partai Serikat Indonesia dengan total suara sah 27.375 atau sekitar 20,372 persen.

Setelah itu, disusul pasangan Saur Lumbantobing-Manerep Manalu yang mengklaim diusung enam parpol masing masing Partai Golkar, Demokrat, Partai Barnas, PKPB dan Partai Amanat Nasional (PAN) dengan total suara sah 37.704 atau sekitar 28,11 persen.

Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu menyebutkan, pendaftaran pasangan calon, baik dari perseorangan maupun dari partai politik atau gabungan partai politik ini akan dilakukan hingga Sabtu (6/7) mendatang.

Sedangkan penetapan dan penentuan nomor urut pasangan calon dijadwalkan Senin (12/8) dan Selasa (13/8). Penetapan itu akan disampaikan setelah dilakukan penelitian terhadap syarat pasangan calon beserta lampirannya.

“Sekarang kami hanya sebatas menerima berkas persyaratan para balon. Setelah itu KPU akan melakukan verifikasi kelengkapan, keabsahan administrasi mulai Sabtu (13/7) hingga Rabu (24/7). Selanjutnya, Senin (12/8) dan Selasa (13/8) mendatang, KPU akan mengumumkan siapa saja yang lolos dengan ditandai pengambilan nomor urut,” terang Lamtagon.

Ia juga mengatakan, dua pasangan itu telah lolos batas minimal persyaratan untuk mendaftar menjadi calon bupati dan calon wakil bupati. Sebab mereka sudah memenuhi persyaratan minimal 6 kursi legislatif atau 15 persen suara sah pada pemilihan legislatif (Pileg) 2009 lalu.

“Batas minimal pendaftaran itu mempunyai 6 kursi DPRD atau 15 persen perolehan suara sah pada pemilu 2009. Jadi untuk sementara mereka lolos, tapi kami masih akan melakukan verifikasi untuk memastikan data yang diserahkan itu benar demikian,” ujarnya.

Pantauan METRO, Senin (1/7) pagi hingga sore sekira pukul 17.00 WIB di kawasan kantor KPU Taput dipenuhi massa pendukung pasangan cabup dan cawabup yang mendaftar.

Pendaftaran kedua pasangan calon tersebut langsung diterima Ketua KPU Taput didampingi dua orang komisioner KPU setempat masing-masing Janpiter Lumbantoruan dan Erids Aritonang dibantu staf dan Sekretaris KPU Jhon Suhartono Purba.

Puluhan aparat polisi dipimpin langsung Kapolres Taput AKBP Verdi Kalele juga masih melakukan pengamanan dan penjagaan di sekitar kantor KPU untuk membantu kelancaran waktu pendaftaran pasangan. (cr-01/cr-02/mua)

  • Paian Saragi

    kita doakan aman dan terkendali. KPU objektif