Hasil Verifikasi KPU Tanjungbalai: 3 Bacaleg Masih di Bawah Umur

[Ignatius]
Tim A KPU Tanjungbalai menyampaikan hasil verifikasi awal terhadap berkas bacaleg kepada perwakilan dari salah satu parpol peserta Pemilu 2014, Rabu (8/5).

TANJUNGBALAI – Tidak ada satupun berkas bakal caleg (bacaleg) yang didaftarkan 12 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungbalai yang dinyatakan lengkap.

Bahkan 3  berkas bacaleg perempuan terpaksa dicoret karena tidak cukup umur, yakni belum mencapai usia 21 tahun pada saat pendaftaran ke KPU. Ketiga berkas tersebut yakni satu dari PAN dan dua orang dari PKPI.

Itu dikatakan Divisi Hukum dan Humas KPU Kota Tanjungbalai Amrizal SE, Rabu (8/5). Menurut Amrizal, dari hasil verifikasi administrasi berkas bacaleg yang dilakukan KPU sejak tanggal 23 April hingga 6 Mei 2013, tak ada satu pun berkas persyaratan bacaleg yang dinyatakan lengkap.

“Sampai berakhirnya verifikasi awal terhadap seluruh berkas bacaleg yang diajukan oleh ke-12 parpol peserta Pemilu 2014 ke KPU, ternyata tak satupun berkas persyaratan bacaleg yang dapat dipenuhi 100 persen. Dan hasil dari verifikasi awal tersebut, telah kita sampaikan kepada seluruh parpol untuk dilengkapi dan diperbaiki.

Seluruh Parpol peserta Pemilu 2014 di Kota Tanjungbalai wajib memperbaiki berkas bakal caleg yang telah didaftarkan ke KPU mulai tanggal 9 hingga 22 Mei 2013 mendatang,” kata Amrizal.

Menurut Amrizal, penyampaian hasil verifikasi awal atas berkas dari seluruh bacaleg kepada parpol masing-masing dilakukan pada hari itu, Rabu (8/5) di Kantor KPU Kota Tanjungbalai. Dari seluruh berkas bacaleg tersebut, 3  berkas bacaleg perempuan terpaksa dicoret karena tidak cukup umur, yakni belum mencapai usia 21 tahun pada saat pendaftaran ke KPU.

“Dari 12 parpol peserta Pemilu 2014 itu, semula terdapat 296 bakal caleg yang didaftarkan. Akan tetapi, karena 3 berkas bakal caleg dicoret, maka saat ini tinggal 293 orang bakal caleg. Akan tetapi, dalam masa perbaikan ini, masing-masing parpol masih bisa mengajukan bakal caleg pengganti,” tambah Amrizal.

Pada kesempatan itu, Amrizal juga megungkapkan, bahwa dari seluruh berkas bakal caleg yang telah didaftarkan ke KPU tersebut, satu berkas bakal caleg diminta untuk dilengkapi dengan bukti klarifikasi karena terkait kasus pidana.

Sekedar mengingatkan, hingga ditutupnya waktu pendaftaran resmi pada pukul 16.00 WIB, tercatat ada 296 bakal caleg yang telah mendaftar.

“Pendaftaran pencalonan bacaleg sesuai dengan jadwal sudah resmi ditutup pukul 16.00 WIB. Dan parpol yang terakhir mandaftar adalah PKPI dengan jumlah bacaleg sebanyak 19 orang,” kata komisioner Tim A KPU Tanjungbalai Amrin MS, Senin (22/4).

Sementara komisioner Tim B KPUD Tanjungbalai Irvan Nasution SSos mengatakan, dalam pendaftaran bacaleg tersebut, KPU Tanjungbalai membentuk 2 tim penerima pendaftaran yakni Tim A yang menerima pendaftaran bacaleg dari PAN, Golkar, Demokrat, Hanura, Nasdem, dan PKPI, sementara Tim B menerima pendaftaran bacaleg dari PKS, PKB, PBB, Gerindra, PDI-Perjuangan dan PPP.

“Tahap selanjutnya adalah KPU akan melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas persyaratan sebagaimana ditetapkan dalam peraturan KPU. Masa verifikasi akan berlangsung mulai tanggal 25 April sampai 5 Mei. Bila ada yang kurang, maka parpol diberikan waktu untuk melengkapinya,” kata Irvan.

Menurut Irvan semua partai sudah mendaftarkan bacalegnya tinggal menunggu verifikasi terhadap berkas pencalonan. Parpol yang mendaftar dihari terakhir adalah Partai NASDEM (11.05 wib), HANURA pukul 13.45 WIB, PAN pukul 14.00 WIB, PPP  pukul 14.35 WIB, GERINDRA pukul 14.45 WIB dan terakhir PKPI pukul 15.45 WIB.

Sementara 6 partai politik lainnya telah lebih dahulu mendaftar beberapa hari sebelumnya. Partai yang pertama kali mendaftar yakni PKS, disusul Golkar, PBB, PDI Perjuangan, Demokrat dan PKB. (ck-5)

Komentar