Pengedar Ganja Divonis 66 Bulan

Gunawan ketika menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Pematangsiantar, Selasa (18/4).
Gunawan ketika menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Pematangsiantar, Selasa (18/4).

MetroSiantar.com, SIANTAR – Gunawan, seorang pengedar narkoba jenis ganja divonis dengan pidana penjara selama 5 tahun 6 bulan. Putusan ini sama dengan tuntutan jaksa sebelumnya. Pembacaan putusan berlangsung di Pengadilan Negeri Pematangsiantar, Selasa (18/4).

Persidangan dipimpin majelis hakim Fitra Dewi Nasution SH, didampingi dua hakim anggota yakni Fhytta Sipayung SH, dan Simon Sitorus SH. Dalam amar putusannya, Fitra Dewi menyatakan, Gunawan terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 114 ayat Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Menjatuhkan pidana penjara selama 5 tahun 6 bulan kepada terdakwa Gunawan,” tegasnya. Selain pidana penjara, Gunawan juga dihukum dengan pidana denda senilai Rp800 juta. Dan apabila denda tidak dibayar, diganti dengan pidana penjara selama 4 bulan.

Atas putusan ini, Gunawan mengatakan, bahwa dia menerimanya. Begitu pula dengan Rahma Sinaga SH selaku Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang juga menerima putusan itu.

Untuk diketahui, Gunawan diringkus personel Satuan Reserse Narkoba Polres Siantar pada  28 Nopember 2016, dari kediamannya di Jalan Rakutta Sembiring, Gang Cebol, Kelurahan Nagapita, Siantar Martoba.

Dalam penangkapan, polisi menemukan enam  paket ganja seberat 11,8 gram yang di bungkus plastik berwarna biru dan disimpan dalam saluran air kamar mandi. Gunawan mengaku, dirinya membeli ganja dari seorang pria berinisial T yang hingga kini belum tertangkap. Sebelummya, Gunawan membeli ganja seberat 50 gram seharga Rp80 ribu pada 19 November 2016, di Jalan Merpati, Kelurahan Sipinggol-pinggol, Siantar Barat. (fes)