Polres Simalungun Musnahkan Barang Bukti 155 Kg Ganja

Kapolres Simalungun, Ketua PN Simalungun, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Simalungun, Danramil Tiga Balata, dan Ketua Pemuda Pancasila melakukan pemusnahan barang bukti daun ganja kering.
Suyadi/MetroSiantar
Kapolres Simalungun, Ketua PN Simalungun, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Simalungun, Danramil Tiga Balata, dan Ketua Pemuda Pancasila melakukan pemusnahan barang bukti daun ganja kering.

MetroSiantar.com-Sebanyak 155 kilogram narkoba jenis daun ganja kering tangkapan Polres Simalungun, Kamis (19/10) dimusnahkan dengan cara dibakar di halaman Mapolsek Tiga Balata, Kecamatan Jorlang Hataran.

Pemusnahan barang bukti tersebut disaksikan oleh pihak Kejaksaan Negeri Simalungun yang diwakili oleh Kepala Seksi Pidana Umum Nopriandi Andra SH MH, dan langsung dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Simalungun Liper Barutu SH MH.

Hadir juga Danramil Tiga Balata Kapten B Panjaitan, Kabag Sumda Polres Simalungun Kompol J Girsang, Kasat Intelkam Polres Simalungun AKP R Sihotang, Kasat Lantas Polres Simalungun AKP Hendri ND Barus SH SIK, Kasat Narkoba Polres Simalungun AKP Manaek S Ritonga SH, dan Kapolsek Tiga Balata AKP Agusman Saragih, dan Ketua Pemuda Pancasila Simalungun Suriawan SH.

Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan SIK MH mengatakan, pemusnahan barang bukti tersebut merupakan bagian dari bentuk transparansi kepada masyarakat tentang pemberantasan narkoba.

“Butuh waktu, tenaga dan kesabaran dalam mengungkap kasus tersebut,”ujar Marudut.

Menurut Marudut, acara pemusnahan barang bukti tersebut rencananya dihadiri Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpauw, namun karena sesuatu hal tiba-tiba batal hadir.

Dari data yang diperoleh, barang bukti yang dimusnahkan tersebut berasal dari 2 kasus yang sedang ditangani pihak Satuan Narkoba Polres Simalungun, yakni sesuai dengan LP/103/IX/2017/ Simal/ Sek Bangun, Tertanggal 23 September 2017, dengan TKP di Gang Mesir, Huta I, Nagori Karang Bangun, Kecamatan Siantar.

Dalam kasus perkara ini terduga pelaku pemilik Abdul Hamzah Sidabutar sedang diburon oleh pihak Sat Narkoba Polres Simalungun. Saat dilakukan penggerebekan, petugas tidak berhasil membekuk Abdul. Petugas berhasil mengamankan 99 bungkus ganja yang di lakban, 5  buah plastik besar berisi ganja, dan 2 buah plastik kresek berisi ganja, dengan berat keseluruhan 124,14 Kg.

Selanjutnya, sesuai dengan kasus yang ditangani dengan No. LP/149/VIII/2017/Simal T Jawa, tertanggal 23 Agustus 2017, dengan TKP di Jalan Bah Kora II, Huta Pisang, Kelurahan Marihat Jaya, Kecamatan Siantar Marimbun. Pandapotan Siagian sebagai tersangka berhasil diamankan. Saat dilakukan penggerebekan di rumah pelaku, ditemukan daun ganja kering sebanyak  36 bungkus, dengan berat keseluruhannya 35,214 Kg. Sebelum dilakukan pemusnahan seluruh barang bukti, atas petunjuk dari pihak Kejaksaan Negeri Simalungun, pihak Mapolres Simalungun menyisihkan 353 gram dari 124,14 Kg dan 3,5 Kg dari 35,214 Kg. (adi/esa/ms)