HUT ke-14 Kabupaten Tobasa Bupati: Kebersamaan jadi Pedoman Membangun Tobasa

[Foto: Hermanto Turnip]
PARALAYANG: Satu penerjun paralayang mendarat di lapangan Sisingamangaraja Balige turut memeriahkan HUT ke-14 Kabupaten Tobasa.

BALIGE – Perayaan puncak Hari Ulang Tahun ke-14 Kabupaten Toba Samosir yang digelar di Lapangan Sisingamangaraja XII berlangsung meriah, Selasa (19/3) di Balige.

Tarian tortor SMA Negeri 1 Uluan dan SMA Negeri Lumbanjulu, dancer tradisional komtemporer SMA Negeri 1 Balige, paduan suara Avenue Voice, Paralayang dan Paramotor serta pertunjukan mossak (pencak silat batak-red) di bawah binaan Yayasan Pusuk Bukit Ajibata menghiasi hari jadi tersebut.

Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengatakan, tingginya antusiasme masyarakat menghadiri perayaan hari jadi ini serta banyaknya dukungan hingga acara ini dapat terselenggara dengan baik merupakan pertanda kecintaan masyarakat sangat tinggi terhadap Tobasa.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan Selamat Hari Jadi Kabupaten Tobasa yang ke-14 kepada seluruh masyarakat dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas penyertaannya kepada pemerintah dan masyarakat daerah dalam memberhasilkan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di daerah tersebut.

Tidak lupa, bupati juga meminta agar seluruh aparatur dan stakeholders lainnya mempelajari dan mengoreksi tantangan atau hambatan selama pelaksanaan pembangunan di daerah itu.

Demikian juga mengevaluasi sejauh mana tujuan utama pemekaran daerah dari Kabupaten Tapanuli Utara telah dicapai dalam meningkatkan pendekatan pelayanan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kesejahteraan masyarakat.

Tujuannya agar ke depan, visi misi kabupaten dalam mewujudkan masyarakat yang memiliki rasa Kasih, Peduli dan Bermartabat tercapai.
“Tema ‘Bersama Kita Bisa’ harus menjadi pedoman kita bersama, agar visi dan misi Tobasa dapat dicapai.

Artinya kebersamaan semua unsur penyelenggara pemerintahan dan masyarakat menjadi suatu keharusan,” tegas Bupati. Sebelumnya, Bupati Pertama Tobasa Drs Sahala Tampubolon mengatakan, kalau diibaratkan dengan manusia, usia 14 tahun Tobasa sudah remaja.

Kebutuhan untuk pembangunan sudah banyak yang harus diperhatikan dan semua itu dapat diatasi dengan membangun komunikasi, kebersamaan yang kokoh di antara semua elemen masyarakat dengan pemerintah.

Kepada Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak disarankan agar tetap teguh menghadapi tantangan dan hambatan dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, agar selama pemerintahannya segala sendi-sendi kehidupan tersentuh pembangunan.

Senada juga disampaikan tokoh masyarakat Derik Sirait. Disarankan agar HUT ke-14 ini dijadikan sebagai momen menoleh sejenak ke belakang dan menatap jauh ke depan, supaya kekurangan dan pembangunan yang belum terealisasi dihari sebelumnya dapat dipenuhi dan diperbaiki, demi pembangunan yang bermartabat.

Masih di sela-sela perayaan HUT ini, dilakukan juga penyerahan kendaraan dinas roda dua bagi 14 Kepala Desa guna menunjang kinerjanya melayani masyarakat, piala dan piagam penghargaan bagi Kepala Desa/Kelurahan Juara I, II dan III pelaksana gotong royong masyarakat.

Kemudian piagam penghargaan dan dana pembinaan bagi Guru, Kepala sekolah dan Pengawas SD/SMP/SMA/SMK berprestasi, hadiah berupa barang dan dana pembinaan bagi para Juara Lomba Lari 10 K dan 7 orang siswa SMA/SMK berprestasi. (cr-03)