Imelda Sihombing Diperiksa Kejari

SIANTAR – Tersangka dugaan korupsi pembangunan pagar beton RSU Djasamen Saragih, Eva Imleda Sihombing selaku PPK Dinas Tarukim, kembali diperiksa Kejaksaan Negeri (Kejari) Siantar, Rabu (22/5).

Pantauan METRO, pemeriksaan pertama Eva Imelda Sihombing sebagai tersangka berlangsung sekira pukul 09.00 WIB di Lantai II Ruang Pidsus Kejari Siantar. Pemeriksaan tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Mukharrom.

Selain tersangka korupsi dana pembangunan pagar beton RSU Djasamen Saragih, Kejari Siantar juga memeriksa staf Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Viktor Pardosi yang dilakukan langsung oleh Kasi Datun Rizaldi di ruangannya, Lantai II Kejari Siantar.

Pemeriksaan yang berlangsung tertutup tersebut selesai sekira pukul 11.00 WIB. Usai pemeriksaan, tersangka korupsi Eva Imelda Sihombing yang saat itu tidak mengenakan pakaian dinas, tampak terburu-buru turun dari lantai II, meninggalkan ruang pemeriksaan.

Sama halnya dengan Staf DPPKAD Viktor Pardosi yang mengenakan pakaian dinas serba cokelat berlogo Pemko Siantar, tidak bersedia dikonfirmasi soal pemeriksaan tersebut.

Masih di tempat yang sama, Kajari Rudi H Pamenan melalui Kasi Pidsus Mukharrom, membenarkan pemeriksaan yang dimaksud. Mukharrom mengatakan, pemeriksaan keduanya hanya menambah data yyang kurang sekaligus menguatkan pemeriksaan pertama atau tahap penyelidikan, yang mana saat itu belum ada tersangka yang ditetapkan.

”Keduanya kita periksa setelah sebelumnya kita lakukan pemanggilan resmi,” ujar Mukharrom
Mengenai pemeriksaan selanjutnya, Kasi Pidsus megatakan, masih ada dan akan dilangsungkan. Namun ditujukan kepada siapa, dia enggan mengatakannya.

”Yang pasti masih ada pemeriksaan. Tapi kita teliti dulu semua berkas untuk mencari tau kekurangan yang akan dilengkapi,” pungkasnya. Sehari sebelumnya, Kejari Siantar memeriksa Kabag Keuangan Dinas Tarukim Roria Simanjuntak dan Dirtek Pekrjaan Dinas Tarukim Timbul Gultom.

Pemeriksaan keduanya masih berkaitan dengan kasus yang sama dan memeberi kesaksian untuk tersangka PPK Eva Imelda Sihombing dan Dirut CV Murai Batu Jamiat Saragih selaku rekanan yang mengerjakan proyek.

Sebelumnya, PPK Dinas Tarukim Eva Imelda Sihombing dan Dirut CV Murai Batu Jamiat Saragih dietapkan sebagi tersangka dugaan korupsi dana proyek pembangunan tembok beton RSU Djasamen Saragih tahun 2011 lalu, Selasa (30/4) lalu.

Keduanya ditetapkan tersangka berdasarkan surat penetapan Kejari Siantar No. 03/N.2.12.Fd.1/04/2013 untuk PPK Dinas Tarukim Eva Imelda Sihombing dan No. 04/N.2.12.Fd.1/04/2013 Direktur CV Murai Batu Jamiat Saragih tertanggal 22 Aprli 2013 yang ditandatangani langsung oleh Kajari Rudi H Pamenan.

Keduanya diduga melanggar Undang-undang No 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Terkait pengusutan kasus ini, sejak Jumat (8/3) hingga Jumat (22/3) lalu, Kejari Siantar telah memeriksa 9 orang pejabat Dinas Tarukim sebagai saksi diantarany Kadis Tarukim Adres Tarigan dan juga Saksi Ahli Independen asal Medan yang menyatakan tembok RSU Djasamen Saragih yang dibangun 2011 lalu tidak sesuai bestek. (mag-08)

Komentar