Jabatan Kades se-Barus Diserahterimakan

(Foto: Masril Rambe)
Para Kades foto bersama dengan Muspika Barus, Jumat (19/10).

BARUS - Sembilan jabatan kepala desa se-Kecamatan Barus, Kabupaten Tapteng, Jumat (19/10) diserahterimakan dari pejabat lama kepada pejabat baru hasil Pilkades 2012 untuk masa bakti 2012-2016. Acara sertijab Kades yang digelar di balai pertemuan kantor camat Barus dipimpin Camat Barus Herman Suwito.

Sertijab dilakukan setelah sebelumnya kesembilan kepala desa tersebut dilantik dan disumpah menjadi kades definitif oleh Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang tanggal 12 Oktober lalu. Adapun jabatan kepala desa yang diserahterimakan adalah, Kepala Desa Pasar Terandam dari Plt Kades M Taher Siregar kepada pejabat baru Ahmad Rifai Sibarani, jabatan Kepala Desa Aek Dakka dari Jahiruddin Pasaribu diserahterimakan kepada pejabat baru Alwin Rambe, Kepala Desa Kampung Solok dari Wardi Manalu kepada Ibnu Yazid, Kepala Desa Gabungan Hasang dari Nesri Hasibuan kepada pejabat baru Endi Pasaribu.

Selanjutnya Kepala Desa Patupangan dari yang sebelumnya dijabat Khairul Saleh Pasaribu kepada pejabat baru Sahlul Tanjung, Kepala Desa Bungo Tanjung dari Plt Kades Aston Manalu kepada Junaidi E Simanjuntak, Kepala Desa Kinali dari Jamran Pasaribu kepada Rahmi Simamora, Kepala Desa Ujung Batu dari Ansari Marbun kepada pejabat baru Saiful Marbun, dan Kepala Desa Kedai gedang dari Plt Kades Arsen Tinambunan kepada pejabat baru Resbin Marbun.

Ansari Marbun mewakili sembilan kades yang telah habis masa baktinya di awal sambutannya memohon maaf kepada Camat Barus serta Muspika Barus, dimana selama 12 tahun mengabdi sebaga kepala desa, tentunya banyak kekurangan dan kesalahan selama melaksanakan tugas-tugas sebagai kades. Sedangkan Kepala Desa Aek Dakka Alwin Rambe mewakili kades yang baru dalam sambutannya berharap kepada pejabat yang lama agar tetap membantu para pejabat baru untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan di desa.

Dia juga mengatakan bahwa pejabat baru siap bekerja sama dengan pemerintah kecamatan serta mendukung segala program Pemkab Tapteng dalam mensukseskan program Negeri Wisata Sejuta Pesona. Camat Barus Herman Suwito dalam arahannya mengatakan, momentum serah terima jabatan ini merupakan tindak lanjut dari suatu proses yang kesinambungan terhadap penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan.

Oleh karena itu, kepada kades yang baru dan seluruh komponen masyarakat diharapkan supaya bersama-sama membangun kemitraan dalam suasana yang demokratis, harmonis serta saling menghargai untuk mendukung terciptanya kelancaran tugas-tugas. Tanpa kerja sama dan hubungan yang harmonis di antara pihak-pihak yang berkompeten di dalam pembangunan, maka roda pemerintahan tidak berjalan baik.

Kehadiran dan keberadaan pemerintah, kata Camat, adalah sesuatu yang urgen bagi proses kehidupan masyarakat. Sebab, sejarah telah membuktikan bahwa masyarakat sekecil apapun kelompoknya bahkan sebagai individu sekalipun membutuhkan pelayanan pemerintah.

“Secara sadar atau tidak, harus kita akui bahwa banyaknya sisi kehidupan kita sehari-hari erat hubungannnya dengan pemerintah di dalamnya,” terangnya. Jika tidak ada pemerintah, lanjutnya, maka masyarakat akan hidup dalam serba ketidakaturan dan ketidaktertiban yang bukan tidak mungkin akan melahirkan berbagai bentuk kerusuhan dan aksi kekerasan serta tindakan kejahatan lainnya. Kehadiran pemerintah untuk mengatur dan melindungi masyarakat agar senantiasa berada dalam keadaan yang aman dan tertib.

“Penyelenggaraan pemerintahan desa merupakan sub sistem dari sistem penyelenggaraan pemerintah sehingga desa memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat,” tutur Camat. Camat juga menyampaikan bahwa rangkaian pemilihan kepala desa sudah berakhir yang dimulai pada bulan Februari 2012. Sembilan dari 10 kepala desa yang terpilih pada Pilkades yang lalu sudah dilantik oleh Bupati Tapteng pada 12 Oktober lalu. Sedangkan satu lagi yaitu Kades Kampung Mudik belum dilantik karena masa baktinya baru habis pada bulan Januari 2013.

“10 desa yang melaksanakan Pilkdes di Barus semua berjalan lancar hingga terjadi proses pelantikan dan serah terima. Untuk itu, kepada kades yang lama saya mengucapkan terima kasih yang telah mengabdi kepada masyarakat. Saya juga berharap agar tetap memberikan masukan dan saran kepada kades yang baru sehingga dapat melanjutkan program-program sebelumnya,” ucap Herman.

Turut hadir dalam acara sertijab kades, Kapolsek Barus Iptu Ferymon, mewakili Danramil 01 Barus, Sekcam Barus Usman Edi, para kades yang lama, ketua tim PKK Kecamatan Barus, para LPM, BPD, OKP, anggota tim PKK dari desa dan kecamatan serta lainnya. (mas)

Komentar