Jalan Serbalawan Mirip Kubangan Kerbau

Warga Berharap JR Tepat Janji

parah: Salah satu ruas jalan di inti Kota Serbalawan, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, rusak parah. Akibatnya, arus lalu lintas macet. [FOTO: SALMAN]

DOLOK BATU NANGGAR – Kondisi jalan di Serbalawan saat ini mirip kubangan kerbau. Warga Serbalawan, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Simalungun, berharap JR Saragih, Bupati Simalungun, menepati janji memperbaiki jalan rusak dari Simpang Dolok Merangir sampai Serbalawan.

Mulkan Abdi Siregar, Tokoh Masyarakat Serbalawan mengatakan, jalan tersebut rusak akibat sering dilalui truk angkutan over tonase dan drainase tidak berfungsi dengan baik, terutama di sekitar Kota Serbalawan.

Namun kata Mulkan, Bupati Simalungun pernah menyampaikan segera memperbaiki jalan dari Simpang Dolok Merangir sampai ke Serbalawan, pada Acara Buka Puasa Bersama di Halaman Rumah Sakit Laras, belum lama ini. “Semoga janji tersebut segera terealisasi,” ujar Mulkan.

Dia juga menyarankan agar Dinas Perhubungan Simalungun melakukan pengawasan ketat terhadap kendaraan yang melintas, jangan sampai memberi ruang bagi truk sarat muatan melintasi jalan kota. Menurut Mulkan, melarang truk sarat muatan melintasi inti kota salahsatu langkah agar tidak memperparah kerusakan jalan.

Misdi (45), yang sehari-hari berjualan sarapan di sekitar Simpang Empat Polsek Serbalawan mengaku, beberapakali melihat kecelakaan di jalan tersebut. Penyebabnya karena pengendara menghindari lubang atau mengerem mendadak sehingga ditabrak dari belakang.

Ada peristiwa yang sampai kepolisian ada juga yang langsung berdamai di tempat, karena pengendara memaklumi peristiwa kecelakaan tersebut disebabkan faktor jalan bukan unsur kesengajaan.

Jika hujan maka air akan menggenang hingga kedalaman 10 centimeter, menyebabkan daerah sekitar jalan becek dan jorok akibat cipratan kendaraan yang lewat, sehingga pembeli pun malas datang,” ujarnya kesal.

Pantauan METRO Rabu (21/8), terdapat beberapa titik ruas jalan yang rusak parah diantaranya depan Kantor Koramil 05, Simpang Empat Minimarket Indomaret dan Simpang Empat Polsek Serbalawan.

Titik-titik tersebut merupakan akses utama hilir mudiknya angkutan umum, mobil pribadi dan sepedamotor dari Kecamatan Tapian Dolok menuju Serbalawan, maupun dari Kecamatan Bandar Huluan menuju Serbalawan sehingga sering terjadi kemacetan di jam-jam sibuk yaitu pagi, siang dan sore hari saat keluar masuk anak sekolah dan para pekerja. (man/dro)