Jelang Pilkada Taput, Polres Intensifkan Pengamanan 24 Jam

TARUTUNG- Menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Taput, Polres Taput mengintensifkan penjagaan dan pengamanan 24 jam.

Kasubag Humas Polres Taput AIPTU W Baringbing, Minggu (25/8) mengatakan, peningkatan pengamanan ini bukan hanya dilakukan aparat di polres saja, namun turut melibatkan anggota polsek-polsek se-Taput. “Ini dilakukan dalam upaya mensterilkan sejumlah kawasan agar pilkada yang aman dan tertib dapat terwujud,” jelasnya.

Menurut Baringbing, para personel yang telah ditentukan diturunkan di sejumlah wilayah Taput, khususnya di daerah yang diwaspadai rawan. Daerah tersebut seperti Kecamatan Siborongborong, Tarutung, Sipoholon, Parmonangan dan Kecamatan Pahae.

“Di daerah-daerah itu, kita sudah menurunkan sejumlah personel yang melibatkan personel polsek setempat. Sehingga tidak ada gangguan selama proses tahapan pilkada berlangsung,” terangnya.

Selain menurunkan sejumlah personel, pihaknya juga sudah menempatkan beberapa anggota di kantor Panwaslu dan kantor KPU. Kedua kantor tersebut merupakan salah satu titik fokus penjagaan hingga pilkada pada 10 Oktober mendatang berlangsung. Hal ini dilakukan untuk memastikan kedua kantor penyelenggara pilkada itu benar-benar steril dari sabotase yang ingin mengganggu rencana pilkada.

“Kedua kantor penyelenggara itu memang menjadi salah satu titik fokus pengamanan. Sehingga lokasi tersebut benar-benar steril dari upaya sabotase yang bisa mengganggu kelancaran pilkada nantinya,” ungkap Baringbing.

Dia juga menjelaskan, penjagaan di kantor KPU dan Panwas dilakukan 24 jam hingga rekapitulasi suara. Pihaknya pun memberlakukan sistem shift (bergantian). Bahkan mereka melibatkan personel dari unit shabara dan lalulintas. Sedangkan untuk pengamanan tertutup, melibatkan personel Intel dan Satreskrim.

Terkait kondisi tersebut, Baringbing mengimbau agar elemen masyarakat tidak saling menyalahkan dan menuduh atas penjagaan yang terjadi, melainkan menyatukan pikiran untuk menciptakan suasana kondusif. (cr-01/mua)

Komentar