Kambing Mata Satu Lahir Kampung Korem Heboh

Tak Punya Hidung, Giginya Mirip Gigi Manusia

[Darwis Damanik]
KAMBING ANEH: Lilik memperlihatkan kambing aneh miliknya, Kamis (18/7). Kambing aneh diberi nama Samson punya mata satu dan membuat warga Kampung Korem heboh.

SIMALUNGUN- Warga Kampung Korem, Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, Simalungun, heboh. Kehebohan warga menyusul lahirnya kambing mata satu milik Lilik (29), warga setempat, Kamis (18/7).

Saat METRO menyambangi kediaman Lilik di Kampung Korem, puluhan warga silih berganti melihat anak kambing unik itu. Bayi kambing berwarna hitam dengan bintik putih tersebut diletakkan di dalam kardus berukuran 15 x 30 sentimeter.

Ketika diamati, anak kambing tersebut lahir dengan penuh keanehan. Matanya hanya satu dan terletak persis di tengah tepat di jidatnya. Selain itu, hidung anak kambing itu tidak ada, anak kambing itu bernafas melalui mulut. Sedangkan mulutnya sangat mirip mulut manusia yang mana terdapat beberapa gigi tersusun seperti gigi manusia umumnya.

Keanehan lain, ternyata anak kambing milik Lilik memiliki kelamin ganda, yakni betina dan jantan. Selain itu, hal yang membuat ‘wah’ ternyata bayi kambing itu sudah memiliki puting susu layaknya kambing dewasa.

Ketika ditanya kapan lahirnya kambing aneh itu, Lilik menjelaskan, bayi kambing yang diberi nama Samson oleh istrinya Yayu Rosmawati (26) itu lahir pada Rabu (17/7) lalu, tepat setelah kumandang Adzan Azhar atau sekira pukul 16.00 WIB.

Lilik juga mengatakan, kalau induk Samson itu melahirkan dua anak yang mana salahsatunya lahr dengan wujud sempurna layaknya kambing lainnya.

Masih kata Lilik, pada saat lahirnya bayi kambing aneh itu, induknya enggan menjilat atau membersihkannya. Sedangkan bayi satunya lagi dibersihkan bahkan dirawat induknya. “Kambing ini ditelantarkan begitu saja sama induknya. Biasanya kambing menjilat anaknya yang baru lahir tapi ini dibiarkan begitu saja,” ujar Lilik, sembari memeluk Samson.

Samson (kambing aneh) itu hingga saat ini masih belum bisa berjalan, sedangkan saudaranya yang satu kandang dengan induknya kini sudah bisa berjalan bahkan berlari seperti anak kambing lainnya.

Yayu Rosmawati, istri Lilik mengatakan, kambing tersebut merupakan suatu anugerah buat keluarganya. Meski terbilang cacat, Yayu mengatakan, kalau dia dan seluruh keluarganya akan selalu berusaha merawat bayi kambing itu hingga tumbuh dewasa. “Mudah-mudahan itu rejeki buat kami. Mudah-mudahan sajalah ini pertanda baik,” ujarnya lagi.

Ditanya tanda-tanda atau apakah ada mimpi sebelum bayi kambing itu lahir, Yayu dan suaminya mengatakan tidak ada. “Tanda-tanda apa. Tidak ada tanda-tanda seperti mimpi. Justru awalnya kami berharap agar kambing itu lahir sempurna,” paparnya.

Masih di tempat yang sama, Hendri (40), tetangga si empunya kambing aneh itu mengatakan, kelahiran kambing itu sungguh mengejutkan warga sekitar.

Hendri juga mengaku sangat terkejut melihat kondisi fisik bayi kambing itu. “Aneh ya bisa bentuknya kayak gitu. Awalnya, aku nggak percaya waktu diceritain anak dan istriku. Sungguh anehlah pokoknya,” ungkapnya.

Dari pagi hingga sore hari, kediaman Lilikk selalu diramaikan pengunjung yang datang dari dalam dan luar Bah Jambi. (wis/dro)

Komentar