Kasad Buka TMMD ke-90 di Desa Gajah Sakti

BANDARPULO – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal (TNI) Pramono Edhie Wibowo, membuka resmi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-90 tahun 2013, dipusatkan di lapangan Desa Gajah Sakti, Kecamatan Bandar Pulou Kabupaten Asahan, Selasa (14/5).

Informasi dihimpun METRO, program TMMD akan dilaksanakan di Kecamatan Bandar Pulau dan Kecamatan Aek Songsongan, melibatkan kekuatan satu SSK dengan jumlah 150 personil dan didukung partisipasi masyarakat sebanyak 160 orang, termasuk di dalamnya sepuluh orang tenaga teknis.

Pekerjaan yang akan dilakukan berupa, pembangunan fisik pelebaran jalan sepanjang 15.400 meter x 8 meter dari Desa Gajah Kecamatan Bandar Pulau menuju Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan.

Rehab jalan base couse sepanjang 3.370 meter x 4 meter di Desa Gajah Sakti, Pengerasan badan jalan sepanjang 5.500 meter x 4 meter dari Desa Gajah Sakti menuju Desa Tangga.

Pembuatan beronjong di Desa Gajah Sakti dan Desa Tangga. Pembuatan lima unit jembatan plat beton ukuran 1,5 meter x 6 meter, tiga unit di Desa Gajah Sakti dan dua unit di Desa Tangga dan terakhir pembuatan drainase kiri kanan jalan sepanjang 1 kilometer dari Desa Gajah menuju Desa Tangga. Dan seluruh pekerjaan, direncakan rampung 3 Juni mendatang.

Selain fisik, juga kegiatan non fisik dengan melibatkan tenaga penyuluh baik itu dari TNI, Polri maupun pemerintah dengan materi yaitu penyuluhan bela Negara, penyuluhan agraria, peternakan, kehutanan dan perkebunan, kesehatan, KB, narkoba, hukum, pendidikan dan sosialisasi penerimaan calon prajurit TNI.

Dandim 0208/Asahan Letkol Inf. Muhammad Ali didampingi sejumlah perwiranya antara lain Kasdim Mayor Kav Sindhu Hanggara SH, Pasiter Kapten Inf Salam Rambe, Koordinator Pengamanan yang juga Pasi Intel Kapten Kav Basri Lubis mengatakan, kegiatan TMMD yang dibuka secara resmi oleh KSAD merupakan kehormatan bagi Korem 022/PT khususnya Kabupaten Asahan.

Dandim  dilanjutkannya, program TMMD di dua desa yaitu Desa Gajah Sakti Kecamatan Bandar Pulau dan Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan semata-mata untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pemasaran hasil pertanian ke kota karena transportasi semakin mudah dan dekat.

Ditambah lagi, kawasan kedua ini merupakan desa tertinggal dan terosolir di Kabupaten Asahan dan tidak dapat dilalui kendaraan roda empat pada musim hujan dan masyarakat hanya menggunakan transportasi roda dua.

Dia menambahkan, kegiatan itu juga diharapkan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di bidang hukum, peternakan, kesehatan.

Hadir pada acara pembukaan TMMD ke 90 tahun anggaran 2013, Pangdam I/BB Pangdam I/BB Mayjen Lodewijk F Paulus, Gubsu Gatot Pujonugroho, Kapolda Mayjen Wisnu Amat Sastro, Danrem 022/PT Kolonel Inf Restu Widyantoro, Bupati Asahan Tofan Gama Simatupang, Kapolres Asahan AKBP Yustan Alpiani serta perwakilan dari tujuh kementrian Kabinet Bersatu jilid dua beserta elemen masyarakat lainnya. (sus)