Kasus Dugaan Korupsi di Disdik, PU, Dispakeb, dan Dishub. Kejari Belum Tetapkan Tersangka

RANTAU – Meski telah memeriksa puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk penyelidikan terhadap kasus dugaan korupsi di Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pekerjaan Umum (PU) serta Dinas Pasar dan Kebersihan (Dispaskeb), hingga Kamis (20/12) belum ada satu pun tersangka yang ditetapkan.

Kajari Rantauprapat Bambang Sudrajat melalui Humas Peniel Silalahi menyebutkan, belum ada perkembangan dan tindaklanjut pemeriksaan yang mereka lakukan. “Pemeriksaan masih tahap penyelidikan,” jawab Peniel, Kamis (20/12).

Peniel Silalahi yang juga sebagai Kasi Intel Kejaksaan mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum ada menetapkan tersangka. Namun menurut informasi yang dihimpun wartawan di kantor kejaksaan mengatakan, pihak Kejaksaan Negeri Rantauprapat telah menetapkan 7 orang tersangka dengan 24 saksi.

“Sudah ada tersangkanya 7 orang, 3 Kepala Dinas, 3 PPTK dan 1 orang bendahara,” terang sumber yang merupakan pegawai kantor kejaksaan dan meminta namanya tidak dipublikasikan.

Seperti diberitakan sebelumnya, pihak Kejari Rantauprapat telah melakukan penyelidikan atas kasus dugaan korupsi yang diduga dilakukan 4 SKPD di lingkungan Pemkab Labuhanbatu, yakni, Dinas Pendidikan (Diknas), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pekerjaan Umum (PU) serta Dinas Pasar dan Kebersihan (Dispaskeb). Puluhan oknum pegawai pun telah diperiksa sejak 40 hari yang lalu.

Untuk kasus Disdik terkait tunjangan sertifikasi sebanyak 1.143 guru yang hingga saat ini belum dibayarkan, untuk kasus dishub terkait dana konsultasi dan biaya uji kelayakan pembangunan Bandara Labuhanbatu Tahun Anggaran 2008, 2009 dan 2011.

Selanjutnya untuk Dinas PU, terkait pengadaan alat berat berupa beko tahun 2010 yang diduga fiktif serta dugaan pengerjaan sejumlah proyek pengerasan jalan yang tidak sesuai bestek, serta untuk Dispaskeb terkait dugaan penyelewengan biaya operasional sampah sejak tahun 2010 sampai sekarang yang disinyalir melibatkan oknum Kepala Dinas. (CR-01)