Kertas Suara Mulai Disortir dan Dilipat

[Foto: Rizki W Siregar]
MELIPAT KERTAS SUARA – Masyarakat Labuhanbatu sedang melipat surat suara Pilgubsu 2013 di aula KPUD Kabupaten Labuhanbatu sejak Rabu (20/2).

RANTAU – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Labuhanbatu mulai melakukan pensortiran dan pelipatan kertas suara untuk Pilgubsu 7 Maret 2013 mendatang, Rabu (20/2). Pelipatan dan penyeleksian kertas suara itu dilakukan di aula Kantor KPUD serta Dinas Binamarga, Pengairan, Pertambangan dan Energi Labuhanbatu.

Pembagian kelompok dilakukan guna  mempercepat proses, pelipatan tersebut. Kasubbag Umum KPUD Labuhanbatu Raja Martua Siregar menerangkan, pelipatan surat suara ditargetkan sudah selesai pada  tiga hari mendatang.

“Kertas suara yang kita terima dari KPU Provinsi sebanyak 313.194 lembar,” kata Martua.
Sementara itu Ketua Panwaslu Kecamatan Rantau Utara Andi Pati Dana Siagian menjelaskan, sudah ditemukan beberapa lembar surat suara yang tidak dapat dipakai. “Sampai sore ini di bawah 10 lembar, tapi kurang tahu penyebabnya apa, yang pasti tidak dapat dipakai nantinya karena masih disisihkan panitia pelipatan,” ujarnya.

Dari pantauan METRO, puluhan pekerja yang berasal dari warga sekitar tersebut saat melakukan pelipatan surat suara dikawal ketat oleh aparat kepolisian dari Polres Labuhanbatu, Panwaslu serta perangkat KPUD yang sudah ditetapkan. Jika sudah selesai dan ingin menyimpannya kembali, pekerja juga didampingi aparat terkait.

Sebelumnya, Ketua KPUD Labuhanbatu Ira Wirtati mengatakan, jumlah DPT untuk sementara waktu sebelum dilakukan perbaikan sebanyak 305.555 pemilih. Namun karena masih ada waktu untuk perbaikan DPT, sehingga jumlah tersebut masih berpotensi akan berubah. “Besok (Kamis) bakal kembali rapat pleno penetapan DPT perbaikan dan akan bertambah jumlahnya,” terangnya.

Ditambahkan anggota KPUD Syam Hasri, surat suara direncanakan akan distribusikan ke masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mulai 28 Februari 2013 mendatang. “Pendisitribusian ada aturannya, tanggal 25 Februari hanya mengirim kotak suara dan kelengkapannya, sedangkan surat suara 28 Februari nanti,” terangnya. (riz)

  • Gak senang kau

    ke banyakan Bacot lo RIZ