BAHAYA… Konsumsi Mie Berformalin Bisa jadi Penyakit Kanker

Puluhan bal berisi mie berformalin yang disita petugas
Puluhan bal berisi mie berformalin yang disita petugas

MetroSiantar.com-Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Julius Sacrmento Tarigan mengatakan, formalin dan boraks yang dimasukkan ke dalam mie, kemudian dikonsumsi manusia dapat menyebabkan penyakit kanker.

“Kalau bahan berbahaya terus-menerus dikonsumsi, setelah 10-20 tahun kemudian bisa menyebabkan kangker di tubuh. Mulai dari maag kronis dan mengganggu sistem saraf. Di samping resiko kesehatan, resiko ekonomi sudah pasti terjadi untuk mengobati penyakit yang ditimbulkan, dan akan menurunkan produktifitas manusia,” jelas Julius.

Pengungkapan kasus mie berformalin dan berboraks ini merupakan untuk ketiga kalinya. Yang teranyar, penyitaan 800 kilo gram di bulan Juni lalu dengan mengamankan 6 orang. Sedangkan untuk kali ini sebanyak 7 orang sempat diamankan. Julius mengatakan 6 orang yang diamankan sebelumnya sudah diproses secara hukum, tetapi dia tidak menjelaskan rincian hukumannya.

Akan Dibentuk BPOM Siantar

Menyikapi maraknya produksi mie berformalin, ke depan di Kota Siantar akan dibentuk BPOM untuk memperkuat pengawasan makan dan minuman.

Menurut Julius, pelaku terancam hukuman 2 tahun penjara dan denda Rp4 miliar sesuai dengan Undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan. Namun, saat ini sedang dilakukan pendalaman dalam kasus ini, pihaknya berjanji akan memberikan efek jera terhadap pelaku.

Julius berjanji akan mengawal permasalahan ini, hingga nantinya para pengusaha mie berformalin dan boraks itu dapat diungkap.

“Temuan kali ini semakin memperkuat temuan yang dilakukan bulan-bulan sebelumnya. Dari undang-undang konsumen bisa diancam lima tahun penjara,” terangnya. (pam/esa)