Strategi Membangun Human Capital

Ilustrasi
Ilustrasi

MEMBANGUN human capital merupakan kebutuhan mutlak, mendesak dan urgen; bukan saja disebabkan human capital sebagai faktor utama dalam pengembangan sumber daya manusia, akan tetapi juga merupakan human investment yang harus terus menerus dibina dan dikembangkan secara berkesinambungan.

Oleh: Machasin

Para teoritis human capital menyatakan satu pemahaman bahwa sumber daya manusia, adalah penentu bagi perkembangan ekonomi maupun sosial suatu bangsa, dan bukan sumber daya alam maupun modal fisik. Pertanyaannya mengapa peran penting Sumber Daya Manusia (SDM) masih sebatas wacana, yang sangat mudah dikonstruksikan tetapi sangat sulit direalisasikan.

Di sinilah pentingnya figur seorang pemimpin yang bertugas mengembangkan human capital dalam organisasi. Pemimpin yang dicari bawahan, adalah pemimpin yang memiliki tiga elemen dasar yaitu: Pertama, pemimpin yang memiliki kemampuan, kedua, pemimpin yang mempunyai karakter kuat, dan ketiga pemimpin yang peduli kepada orang lain.

Tipe pemimpin seperti inilah yang dianggap mampu mengembangkan modal manusia (human capital), sehingga karyawan secara sukarela memiliki keterikatan dengan organisasi.

Pemimpin diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada bawahannya, sehingga karyawan merasakan adanya sinergi antara pikiran, hati dan tubuh secara seimbang.

Permasalahan Human Capital
Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin cerdas, kini perusahaan-perusahaan telah mengalami perubahan radikal. Dulu, dunia usaha ditandai oleh suatu periode panjang adanya dominasi manajerial hirarki yakni bos yang sok.