Transfortasi

Pangkalan Becak
Pangkalan Becak

Nai Rundut: Apa sebenarnya beda angkot dengan mopen?, bagiku ngak ada perbedaan yang mencolok kok, hanya sama-sama mobil untuk pengangkutan kan?

Ullus: Ya ialah. Kalau itu hanya soal sebutan sesuai dengan wilayah masing-masing. Kalau di Siantar ya namanya mopen, singkatan dari Mobil Pengangkutan. Kemudian kalau di Medan disebut Angkot alias Angkutan kota, dimana artinya sama saja.

Nai Rundut: Bah! Berarti nama-nama mobil penumpang selama ini merupakan singkatan juga ya

Janggaleman: Ya betul Nai Rundut. Itu menandakan bahwa kebersamaan para pemilik kenderaan penumpang dulu lebih terasa. Organisasinya yang lebih menonjol dari pada nama pemilik usahanya.

Nai Rundut: Tapi kan sudah banyak juga Fa atau jenis usaha dan merek di Siantar yang sudah pada bangkrut dan tidak dilanjutkan lagi usahanya.

Janggaleman: Namanya juga usaha pasti akan nada pasang surutnya, apalagi dulukan jalan-jalan menuju daerah belum cukup bagus seperti sekarang ini. Memang sih tidak sedikit yang gulung tikar, seperti POVRI atau pengangkutan Otobus Veteran Republik Indonesia, tapi sudah diganti dengan angkutan yang namanya Pepabri atau singkatan dari kata Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, nah kalau ini dulunya angkutan penumpang ke daerah Tomuan sana.

Ullus: Kalau GOK dan PMH?