LES

Pangkalan Becak
Pangkalan Becak

Nai Rundut: Aku dah kehabisan akal untuk mengarahkan anakku yang paling kecil itu untuk mengikuti pelajaran tambahan diluar jam sekolah, sementara kakaknya malah antusias mau mengikuti les.

Ullus: Kalau menurutku sih kita sebagai orangtua jangan mau mengikuti kemauannya itu, coba kasih pengertianlah,…

Nai Rundut: Aku sudah coba beberapa kali, malah aku sudah tawarkan akan ganti hpnya yang baru asal dia mau. Terkadang aku iri lho lihat anak teman masuk sekolah yang berkualitas tanpa testing,..

Ullus: Wahh jangan pula hanya karena iri, kau memaksakan anakmu untuk terus belajar dan belajar, sementara hatinya tak berniat, ..akan sia-sia nantinya kawan.

Janggaleman: Les itu memang sangat penting dan ingat tidak ada hubungannya dengan lagi ngetrend ya. Les ataupun belajar tambahan merupakan kebutuhan siswa saat ini karena dapat membantu meningkatkan kemampuan akademik anak dalam mengikuti pelajaran di sekolah.

Ullus: Betul, belajar tambahan itu sangat bermanfaat karena bisa meningkatkan kemampuan akademik karena waktu belajarnya fleksibel, lebih focus, mudah dipantau orangtua dan anak akan lebih berkonsentrasi dan yang terakhir membantu orangtua yang sibuk.

Nai Rundut: Awakkan ngak pernah mengikuti yang namanya les, tapi bisa kok jadi PNS dan jabatan lumayan kok,…tapi sekarang ini kok saya rada kuatir dengan tingkat persaingan anak sekolahan ini,..

Janggaleman : Pertanyaannya adalah apakah tidak cukup pelajaran yang didapat di sekolah sehingga harus mengikuti les lagi?. Hasil survey mengatakan banyak diantara mereka yang mengatakan takut tidak lulus, disuruh orang tua, dan bahkan ada juga yang hanya ikut teman.

Ullus: Alasan takut tidak lulus memang sangat masuk akal bro, apalagi dengan adanya peraturan pemerintah yang dirasa semakin menyulitkan siswa seperti pergantian kurikulum dan Standard Kompetensi Kelulusan yang naik setiap tahunnya.

Nai Rundut: Makanya kubilang, tidak ada orangtua yang tidak ingin anaknya juara dikelas dan masuk sekolah dan perguruan tinggi yang berkualitas apalagi bebas uang sekolah

Janggaleman: Ini hanya saran saja, jangan sesekali orangtua menyuruh anak les karena melihat anak tetangga juga les atau karena gengsi, ini akan menjadi simalakama bagi anak-anak. Kalau menurutku, walaupun sebenarnya lulus atau tidaknya seorang anak adalah sebuah takdir yang telah ditentukan. tapi takdir juga bisa di ubah selama ada kemampuan dan usaha yang keras. (D’Sang)