Kota Psp Launching LPSE

[Foto: Parningotan Aritonang]
Acara launching LPSE Kota Psp, Kamis (4/4).

 SIDIMPUAN – Tuntutan masyarakat mengenai penyelenggaraan lembaga pemerintahan yang bersih, efektif, efisien dan transparan, menjadi salah satu tekad untuk melaksanakan sistem pemerintahan.

Termasuk dalam penyelenggaraan pengadaan barang dan jasa di lingkungan instansi pemerintah. Hal ini sangat penting, mengingat berbagai kasus korupsi maupun penyimpangan administrasi dan keuangan, cenderung banyak terjadi pada proses pengadaan barang dan jasa.

Untuk menciptakan penyelenggaraan proses pengadaan barang dan jasa yang bersih, efektif, efisien dan transparan, Pemerintah Kota Padangsidimpuan (Psp) melakukan launching Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), Kamis (4/4) di Aula MAN 2, Jalan Soripada Mulia Sadabuan.

Pada launching itu disebutkan, tim LPSE Kota Psp mempunyai personil yang terdiri dari dua orang admin, tiga verifikator, 3 Helpdesk  dan dua trainer, guna menangani mekanisme proses pengadaan barang/jasa.

Demikian disampaikan H Husni Thamrin Nasution ST, Ketua LPSE Kota Psp dalam sambutannya.
“Adapun untuk sarana pendukung LPSE, berupa 1unit server, 12 unit personal komputer (PC), 1 unit genset dan mobile pendukung,” sebut Husni.

Disebutkannya, LPSE  (Layanan Pengadaan barang dan jasa Secara Elektronik) dibentuk sebagai suatu unit Pelayanan yang melayani proses pengadaan barang/jasa yang dilaksanakan secara elektronik.

LPSE ini bertujuan untuk meningkatkan akses pasar memperbaiki tingkat efisiensi proses pengadaan dan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas; mendukung proses monitoring dan evaluasi.

Oleh karena itu, diharapkan kepada tim LPSE Kota Psp nantinya dapat bekerja secara profesional, mengedepankan prinsip-prinsip pengadaan barang/jasa pemerintah, bersungguh-sungguh dan fokus pada kualitas layanan publik yang memuaskan dan dapat diandalkan mulai dari tahap registrasi penyedia(Vendor) sampai pengumuman pemenang lelang yang semuanya menggunakan teknologi informasi. Turut hadir pada lanching itu, Plt Sekda Khairul Alamsyah yang mewakili walikota Psp. (tan)