KPU Himbau Parpol, Segera Sampaikan Berkas Perbaikan Bacaleg

Dewi Eilfriana

TAPTENG – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapteng Dewi Eilfriana mengimbau kepada seluruh partai politik (parpol) agar segera menyerahkan berkas perbaikan bakal calon legislatif (bacaleg) tahun 2014.

“Tidak menyerahkannya saat-saat injury time (detik-detik terakhir) pengembalian berkas, tentu merugikan sendiri,” ujar Dewi kepada METRO, Minggu (19/5), ketika menyikapi sejumlah parpol belum mengembalikan berkas bacaleg yang belum lengkap.

Ia mengimbau pengurus parpol untuk segera menyampaikan berkas perbaikan, karena batas masa perbaikan yakni Rabu (22/5) pukul 16.00 WIB. Setelah waktu tersebut, parpol tidak dapat lagi memperbaiki atau melengkapi persyaratan bacalegnya, kecuali Surat Keputusan (SK) Pemberhentian atau Salinan Keputusan Pemberhentian untuk PNS, TNI-Polri, kades, BUMD dan anggota DPRD yang dapat diterima KPU paling lambat tanggal 1 Agustus 2013.

Dia mengungkapkan, imbauan ini, selain untuk memperlancar proses pemeriksaan berkas, karena akan dapat merugikan partai itu sendiri yang tidak memiliki waktu lagi untuk melengkapi kekurangan berkas-berkas persyaratan bacaleg.

“Maka itu, perlu diperhatikan tenggat waktu masa untuk melakukan perbaikan kelengkapan berkas persyaratan,” ucapnya. Disebutkan, KPU Tapteng pada masa perbaikan ini, membuka diri kepada parpol untuk melakukan konsultasi terkait perbaikan berkas bakal calon legislatifnya.

Hingga kemarin sudah ada tiga parpol yang datang berkonsultasi. “Permasalahan berkas yang dihadapi oleh parpol umumnya adanya perbedaan data antara ijazah dengan KTP dan data berkas yang lain dengan KTP.

Sesuai dengan surat edaran dari KPU RI No: 315/KPU/V/2013, bakal calon harus membuat surat pernyataan bermaterai cukup untuk menyatakan bahwa nama pada berkas tersebut adalah namanya,” tutur Dewi.

Dewi mengatakan, surat edaran KPU tersebut, sebenarnya untuk mempermudah parpol dalam memperbaiki maupun melengkapi berkas calonnya.

Sementara itu, setelah tahapan tersebut, KPU Tapteng akan melaksanaka tahapan verifikasi terhadap perbaikan daftar calon dan syarat calon dari tanggal 23-29 Mei, dan diteruskan dengan tahapan penyusunan dan penetapan daftar calon sementara (DCS) anggota DPRD kabupaten pada tanggal 30 Mei-12 Juni 2013. (tob)