KPU Lakukan Perbaikan DPT

TANJUNGBALAI – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tanjungbalai  melakukan perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Legislatif Tahun 2014. Perbaikan itu dilakukan menyusul dengan terbitnya Surat Edaran Nomor : 644/KPU/1X/2013 Prihal Perbaikan Daftar Pemilih dan Penetapan DPT yang dikeluarkan oleh KPU Pusat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tanjungbalai Drs Firmansyah, Kamis (26/9) mengatakan, sesuai dengan keluarnya surat edaran yang dikeluarkan oleh KPU Pusat ini, pencermatan dan perbaikan daftar pemilih dilakukan sampai tanggal 11 Oktober 2013. Saat ini sesuai data yang dimiliki KPU Tanjungbalai, jumlah DPT 109.740.

Menurutnya, perbaikan hasil penetapan DPT yang dikirimkan oleh KPU Daerah Kabupaten/Kota se Indonesia itu berkaitan dengan hasil rapat dengar pendapat Komisi II DPR RI dengan KPU, Bawaslu, Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kemendagri dan Kelompok Panitia Pemilihan Luar Negri (Pokja PPLN) tanggal 11 September lalu.

“Dari hasil rapat menyepakati pengunduran jadwal penetapan Daftar Pemilih Tetap berkaitan dengan Surat Bawaslu Nomor 659/Bawaslu /IX/2013 tanggal 12 September 2013 prihal Hasil Pengawasan Pemuktakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih dan Rekomendasi Tindak Lanjut serta dalam rangka menghasilkan DPT yang lebih akurat, komprensif dan mutakhir,” tuturnya.

Dikatakannya, sesuai dengan jadwal pencermatan dan perbaikan daftar pemilih dilakukan sampai tanggal 11 Oktober 2013.

“Sedangkan batas akhir masa koreksi hasil penetapan DPT yang sudah ditetapkan itu sesuai dengan jadwal dilakukan pada 13 Oktober mendatang,” katanya. (CK3)