KPU Mulai Verifikasi Berkas 312 Daftar Bacaleg

Hotman Harianja

TARUTUNG – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tapanuli Utara, mulai melakukan verifikasi terhadap berkas 312 daftar Bakal Calon Legislatif (bacaleg) yang telah diajukan 12 partai politik peserta Pemuli 2014.

Salah satu berkas yang diteliti saat ini adalah, keterwakilan 30 persen perempuan dari setiap Daerah Pemilihan (dapil). Hal itu diungkapkan Komisioner KPU Taput Hotman Harianja kepada METRO, Rabu (24/4) di kantornya.

“Nanti sampai tanggal 6 Mei kita akan verifikasi kelengkapan administrasi ke-312 bacaleg yang disampaikan oleh 12 parpol peserta Pemilu 2014. Termasuk persyaratan 30 persen keterwakilan perempuan,” kata Hotman Harianja.

Selain itu, lanjutnya, terdapat beberapa hal yang akan diverifikasi. Yakni, terkait kepengurusan, jumlah caleg yang diajukan tidak boleh melebihi kuota sebanyak 35 orang.

”Hasil dari verifikasi itu, nantinya akan disampaikan kepada setiap partai politik. Kalau ada kekurangan, agar segera memperbaiki atau melengkapi berkas yang belum memenuhi persyaratan,” imbuhnya.

“Jadi, sekarang kita masih baru memulai verifikasi, sehingga belum bisa menyebutkan parpol yang tidak lengkap. Nanti setelah verifikasi kami berikan pemberitahuan secara tertulis kepada setiap partai,” sambung Hotman.

Tahapan untuk pemberitahuan hasil verifikasi tersebut, kata Hotman, akan disampaikan kepada masing-masing partai politik, pada tanggal 7 hingga 8 Mei mendatang.

“Setelah itu partai politik diharapkan memperbaiki berkas jika ada calon yang diajukan tidak lolos, atau sebab lain. Parpol diberi waktu selama 14 hari untuk perbaikan kelengkapan administrasi tersebut dari tanggal 6 hingga 22 Mei,” tandasnya.

Hotman menjelaskan, seluruh parpol diperbolehkan memperbaiki, mengubah, menyempurnakan, atau menambah daftar bacalegnya sejak tanggal 9 hingga 22 Mei. ”Setelah itu, KPU akan melakukan verifikasi lanjutan,” tandasnya.

Untuk diketahui, dari 312 orang Bacaleg yang disampaikan 12 partai politik peserta pemilu 2014 ke KPUD, nantinya akan memperebutkan 35 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

Dari 312 bacaleg yang sudah diterima KPUD itu, terdiri dari 190 laki-laki dan 122 perempuan. Sebelumnya, Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu menyebut, bahwa jumlah bacaleg itu masih dimungkinkan akan mengalami perubahan.

“Jumlah ini masih ada kemungkinan berkurang dan bertambah setelah nantinya dilakukan penelitian administrasi persyaratan pencalonan,” singkat Lamtagon. (cr-01/hsl)

Komentar