Almarhum Dewi Hutagalung yang Dibunuh Dippu Suaminya Miliki Banyak Uang dan Emas

Jenazah Dewi Boru Hutagalung usai dievakuasi dari sumur kedalaman 15 meter di rumahnya.
Jenazah Dewi Boru Hutagalung usai dievakuasi dari sumur kedalaman 15 meter di rumahnya.

MetroSiantar.com-Warga di Desa Janji Matogu Kecamatan Bukit Malintang mengatakan, Dewi Hutagalung yang jadi korban pembunuhan suaminya itu diketahui baru beberapa bulan tinggal serumah dengan tersangka.

Menurut warga, Dewi awalnya datang ke Desa Janji Matogu, dengan membawa emas dan uang banyak, tetapi suaminya yang suka main judi sehingga emasnya sedikit demi sedikit mulai habis.

“Kalau tidak salah, baru sekitar 4 bulan si Dewi itu tinggal di sini. Kata tersangka dia orang Sibolga tapi tidak tahu di mana di sana. Awalnya ke mari si Dewi itu punya gelang emas yang besar, dan uangnya juga banyak,” kata Boru Simorangkir (55) bersama sejumlah warga setempat di TKP, beberapa waktu lalu.

Mereka menyebut, Dewi adalah istri ketiga tersangka. Istri pertamanya meninggal, lalu tersangka menikahi wanita yang masih saudara dari istri pertamanya, tapi rumah tangganya gagal dan berakhir cerai.

“Istrinya yang pertama sudah meninggal, lalu dinikahinya adik istrinya, tapi mereka cerai. Si Dewi ini adalah istri ketiga. Baru sekitar 4 bulan tinggal di sini. Tapi, begitulah adat kami, kalau sudah cerai dan menikah lagi, tidak kami urusi itu (secara adat), makanya kami tidak banyak tahu soal biduk rumah tangga mereka,” ungkapnya.

Mereka juga menyebut, sepengetahuan mereka tersangka bekerja di tempat pembuatan batu bata, dan selain itu tersangka juga sudah cukup lama bekerja sebagai rentenir.

“Dippu itu ikut juga rentenir, semacam koperasi itu lah, dipinjamkannya uang sama orang, dan cara membayarnya dicicil, tapi pengembaliannya sudah pasti berlipatlah, dia memang suka main judi,” tambah warga.

Namun, warga mengaku tidak menyangka tersangka setega itu menghabisi nyawa istrinya dan memasukkannya ke dalam sumur.

“Kami tak menyangka dia setega itu, setelah dibunuh, mayatnya disembunyikan di dalam sumur. Beruntung kasus ini bisa diungkap, karena kalau sama tetangga dia bilang si Dewi itu sudah pulang ke kampungnya karena mereka bertengkar,” tuturnya. (wan/ms)