Sabu Senilai Rp100 Juta Dimusnahkan

Pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu di Mapolsekta Tanah Jawa.
Suyadi/MetroSiantar
Pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu di Mapolsekta Tanah Jawa.

MetroSiatar.com-Jajaran Mapolsekta Tanah Jawa memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu dengan total berat 136,48 gram di halaman depan Aula Mapolsekta Tanah Jawa, Kamis (10/8).

Pemusnahaan barang bukti senilai Rp100 juta lebih ini dipimpin Kapolsekta Tanah Jawa Kompol Anderson Siringoringo SH MH, dihadiri oleh Badan Narkotika Nasional Pematangsiantar diwakili oleh Kasi Berantas Kompol Pierson Ketaren,  Danramil Tanah Jawa, Camat Tanah Jawa, dan Perwakilan Kejaksaan Negeri Simalungun.

Sabu dimusnahkan dengan cara dicampur air dan diblender. Tidak sampai satu menit  narkoba jenis sabu-sabu itupun  telah larut bersama air. Namun sebelum barang bukti sabu dibuang, oleh petugas terlebih dahulu diperiksa dengan dua buah tester pack, dimana terbukti barang tersebut adalah narkotika jenis sabu-sabu. Lalu dibuang ke dalam parit agar tidak bisa dikonsumsi oleh orang lain.

Menurut Kompol Anderson, barang bukti yang dimusnahkan ini berasal dari kasus narkoba yang melibatkan dua tersangka Naim dan Herlan Muna  yang di duga menjadi bandar di wilayah hukum Simalungun. Keduanya diciduk sekitar dua bulan lalu di wilayah kota Medan.

“Dua tersangka ini mengambil sabu-sabu tersebut dari Medan dan mengedarkannya di Simalungun”, jelas Anderson.

Ditambahkan Anderson, tersangka merupakan pemain antar kota yang ada di Sumatera Utara. Saat ini pihaknya terus memburu para pemasok barang haram tersebut. Setelah pemusnahan barang bukti, kedua tersangka yang turut dihadirkan dikembalikan ke Lapas Klas IIA Pematangsiantar.(adi/esa)