Kritik Performa Bridgestone

Pembalap MotoGP ramai-ramai mengkritik performa ban Bridgestone, salah satunya Jorge Lorenzo. Sang juara bertahan mengatakan masalah ini sudah dibahas ketika para pembalap bertemu dengan komisi keselamatan setelah MotoGP Spanyol.

Bintang Yamaha itu menjelaskan setelah tiga even sejauh ini, ban dengan tipe lunak memiliki performa yang lebih baik ketimbang ban bertipe keras. Pada musim ini, hanya dua pembalap yang menggunakan ban berkomponen keras.

“Katakanlah kami [pembalap] yang sedikit kecewa, kita hanya dapat menggunakan satu ban ‘bagus’ di hampir setiap lintasan yang kami gunakan sejauh ini. Tahun ini ban berkomponen keras tidak bekerja untuk hampir setiap pembalap, jadi mereka memilih menggunakan ban berkomponen lembut di setiap sesi,” kata Lorenzo.

“Ketika kami menggunakan ban berkomponen keras terasa sangat licin dan tidak ada keuntungan. Kami ingin di masa mendatang Bridgestone memberikan dua ban yang bekerja sangat baik untuk semua orang,” jelas pembalap asal Spanyol.

“Contohnya menggunakan ban lembut untuk sesi kualifikasi dan keras untuk balapan, itu akan normal. Pada saat ini, hal tersebut tidak terjadi,” sambung juara dua kali MotoGP itu, dilaporkan Crash.

Lorenzo mengharapkan Bridgestone dapat menyediakan tipe ban yang berbeda. Menurutnya, kinerja ban bertipe keras sama sekali tidak dapat bekerja dengan baik. “Kami membutuhkan ban tambahan karena jika hanya ada satu ban yang bekerja dengan baik, sangat sulit untuk finis pada balapan akhir pekan,” ucapnya. (int)

Komentar